NEWSTICKER
Ilustrasi - Medcom.id.
Ilustrasi - Medcom.id.

Gedung SD di Jateng Direvitalisasi pada 2020

Nasional sekolah rusak gedung sekolah
Mustholih • 11 November 2019 20:55
Semarang: Pemerintah Kota Semarang, Jawa Tengah segera merevitalisasi bangunan sekolah dasar (SD) negeri pada 2020. Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang, Gunawan Saptogiri, mengatakan perlu anggaran Rp100 miliar untuk merevitalisasi bangunan SD Negeri.
 
"Kalau SD memang 60 persen kurang bagus. Tapi tidak bisa selesai dalam setahun (merevitalisasi). Harus empat sampai lima tahun baru selesai. Anggaran sekitar Rp100 miliar untuk (revitalisasi) SD," kata Saptogiri, Semarang, Jawa Tengah, Senin, 11 November 2019.
 
Bangunan sekolah menengah pertama (SMP) disebut masih relatif bagus. Meskipun tetap butuh revutalisasi, namun tidak sampai menguras Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"SMP sebenarnya Rp10 miliar selesai, karena cukup bagus kondisinya," tegasnya.
 
Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, menegaskan komitmen pembangunan di wilayahnya dimulai dari sektor pendidikan dan kesehatan. Hendrar mengaku berupaya mempermudah akses warga Kota Semarang untuk sektor pendidikan dan kesehatan.
 
"Wilayah kesehatan penting karena kalau enggak sehat, enggak bisa sekolah dan bekerja. pasti mempengaruhi kehidupan sehari-hari," kata Hendrar.
 
Pemerintah Kota sudah mengeluarkan kebijakan pendidikan gratis untuk SD dan SMP Negeri. Kesehatan warga dijamin lewat program universal health coverage (UHC) milik Pemerintah Kota.
 
"Masyarakat bisa mengakses kesehatan secara gampang dan gratis. Untuk pendidikan juga begitu. Karena sehat, punya ilmu, bisa mengembangkan percepatan pembangunan," jelasnya.
 
Hendrar menerangkan intervensi pihaknya di sektor pendidikan merambah ke sekolah swasta. Pemkot Semarang akan menggratiskan biaya pendidikan untuk taman kanak-kanak (TK) dan SD swasta.
 
"2020 kita akan membuat role model untuk 10 TK dan 10 SD swasta. Akan kita gratiskan," ungkapnya.
 
Hendrar berujar akan menggelontorkan anggaran Rp4,5 miliar untuk menanggung biaya pendidikan sekolah swasta yang digratiskan. "Kalau animo bagus pasti akan kita tingkatkan ke wilayah yang lebih luas jumlahnya," tandasnya.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif