Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa. Foto: Medcom
Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa. Foto: Medcom

Vaksinasi Booster Lansia di Jatim Masih di Bawah 25%

Antara • 24 November 2022 08:45
Jatim: Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa mengimbau seluruh kepala daerah di kabupaten/kota wilayahnya memaksimalkan pemberian vaksin booster atau penguat dosis kedua untuk pencegahan virus covid-19  bagi warga lanjut usia (lansia). 
 
"Lansia dipilih menjadi sasaran booster kedua karena memiliki kondisi fisik yang cenderung rentan, sebagaimana ditetapkan Kemenkes RI melalui Surat Edaran Nomor HK.02.02/C/5565/2022, yang diberlakukan efektif mulai tanggal 22 November 2022," kata Khofifah di Surabaya, Rabu, 24 November 2022.
 
Untuk itu, Khofifah berharap vaksinasi covid-19 bagi lansia mendapat kawalan yang baik dan dilakukan sesegera mungkin.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Satuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan covid-19 Jatim mencatat target vaksinasi bagi lansia di wilayahnya sebanyak 4.335.549 orang. Rinciannya, capaian dosis pertama sebesar 80,38 persen, dosis kedua 66,51 persen, dan dosis ketiga 23,64 persen.
 
Khofifah mengatakan percepatan vaksinasi booster kedua untuk lansia berjalan beriringan dengan vaksinasi primer dan booster pertama.
 
Baca: Covid-19 Varian XBB Masuk Riau, Gubernur Minta Warga Vaksin Booster

"Pelaksanaannya juga harus merata di seluruh Indonesia, mengingat masih ada beberapa daerah yang cakupan vaksinasi primer dan booster masih di bawah 70 persen dari populasi," ujar dia.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news medcom.id
 
(NUR)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif