Ilustrasi. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama Putra
Ilustrasi. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama Putra

Jenjang SMA di DIY Mulai PTM Besok

Ahmad Mustaqim • 19 September 2021 17:15
Yogyakarta: Sejumlah SMA/K di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melakukan pembelajaran tatap muka (PTM) Senin, 20 September 2021. Salah satunya yakni SMA Negeri Sentolo, Kabupaten Kulon Progo. 
 
Kepala SMA Negeri Sentolo, Didik Asmiarto, menjelaskan, sekolah sudah memenuhi sejumlah persyaratan untuk menjalankan PTM. Seperti telah terpenuhinya syarat minimal capaian vaksinasi di sekolah yakni 80 persen. 
 
"Capaian vaksinasi kami, untuk guru dan siswa sudah 91 persen. Ini sudah yang dosis kedua," ujar Didik dihubungi Medcom.id, Minggu, 19 September 2021. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Didik mengungkapkan, berbagai sarana prasarana untuk fasilitas kesehatan juga telah disiapkan, termasuk SOP. Kelengkapan itu sudah dilakukan seperti saat uji coba PTM pada tahun ajaran sebelumnya, yakni 2020/2021. Menurut dia, tahun ajaran 2021/2022 ini, pihaknya melakukan evaluasi dan penambahan. 
 
"Misalnya, kami sesuaikan SOP terbaru. Lalu, jika tahun ajaran kemarin siswa yang masuk berdasarkan nomor presensi ganjil dan genap, besok diubah sesuai dengan kelompok yang sudah kami bagi," kata Didik. 
 
Baca juga: Satgas Sita Puluhan Barbuk Milik Teroris Poso Ali Kalora
 
Menurutnya, kuota setiap kelas akan diisi 50 persen dari setiap jumlah total. Ada sekitar 530 siswa di SMA Negeri Sentolo. Setengahnya akan menjalani PTM pada sif jam pertama, yakni pukul 7.30 sampai dengan 10.30 WIB. Sementara, setengahnya lagi ikut PTM sif kedua pukul 12.30 sampai dengan 15.30 WIB. 
 
Setiap satu jam pelajaran akan berlangsung 45 menit. Dalam satu sif itu, siswa-siswi akan mengikuti empat mata pelajaran tanpa istirahat. 
 
"Selang waktu antar-shift dilakukan penyemprotan disinfektan. Kami juga sudah dapat persetujuan walimurid untuk PTM ini, kecuali bagi yang sedang sakit atau kontak erat dengan kasus (covid-19)," kata dia. 
 
Ia menambahkan, alur masuk-keluar siswa juga diatur terpisah. Jalur masuk siswa maupun guru memalui pintu depan, sedangkan jalur keluar menggunakan pintu belakang/samping sekolah. Pola itu juga mereka lakukan saat uji coba PTM tahun ajaran lalu. 
 
Baca juga: Pasang Perangkap Ikan, Pria Ini Malah Diserang Buaya
 
Terpisah, SMK Negeri 2 Yogyakarta juga akan menggelar PTM besok. Wakil Kepala SMK Negeri 2 Yogyakarta, Sumadi, mengatakan, sebagian besar orang tua sudah memberikan izin untuk PTM. Dari total angket persetujuan orang tua yang disebar sebanyak 1.353, kata dia, sebanyak 99 persen menyatakan setuju. 
 
"Sebelum kami kirim angket juga sudah banyak orang tua siswa yang menelepon, menghendaki pembelajaran tatap muka, apalagi pelajaran praktik," ucapnya. 
 
Seperti halnya SMA Negeri Sentolo, SMK Negeri 2 Yogyakarta juga menggelar uji coba PTM tahun ajaran 2020/2021. Menurut Sumadi, PTM nanti akan bersifat simulasi sebagai langkah memastikan kesiapan dan mengantisipasi risiko penularan covid-19. 
 
"Capaian vaksinasi untuk siswa, pekan lalu, 86 persen. Untuk guru hampir 100 persen," jelasnya.
 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif