Masyarakat Papua menggelar lomba menyemarakan HUT ke76 RI. Istimewa
Masyarakat Papua menggelar lomba menyemarakan HUT ke76 RI. Istimewa

Semarak Warga Papua Merayakan HUT ke-76 RI

Whisnu Mardiansyah • 18 Agustus 2021 22:20
Papua: Semarak peringatan HUT Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia berlangsung sangat meriah di tanah Papua. Selain menggelar upacara bendera, warga juga merayakannya dengan lomba khas 17-an yang dibuat di berbagai lokasi di sana.
 
Di pinggir Pantai Nabire, lomba 17-an diikuti oleh puluhan warga baik itu anak muda dan dewasa. Berbagai macam lomba di antarnya lomba balap karung, tarik tambang, warga juga menggelar lomba lainnya. Tampak antusias anak-anak dan warga yang tinggi mengikuti kegiatan ini.
 
Di lokasi lain, di sebuah perbukitan Lanny Jaya, kemeriahan tampak lebih semarak. Puluhan anak-anak dan remaja mengikuti berbagai lomba yang dibuat, seperti balap karung dan gigit sendok berisi kelereng. Lomba pun diakhiri dengan makan siang bersama dan pembagian hadiah. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu di Intan Jaya, lomba dibuat lebih variatif. Bahkan digelar lomba pembacaan puisi dengan tema kemerdekaan. 
 
"Pahlawan-pahlawan kami telah mati demi meraih kemerdekaan," kata Rossaline, siswi kelas 9 di salah satu SMP di Intan Jaya. 
 
Baca: HUT ke-76 RI, Alumni Lemhanas Kirim 1.000 Bendera Merah Putih ke Papua
 
Di Boven Digoel, lomba digelar di depan kantor pemerintahan (Dinas PU). Lomba bahkan dimulai dengan penampilan tarian asli orang Papua. Sejumlah penari terlihat sengaja menghias dirinya dengan angka 76 untuk menyimbolkan usia kemerdekaan Indonesia.   
 
Acara kemudian diakhiri dengan pose bersama seluruh peserta dan panitia. Mereka ramai-ramai meneriakkan yel-yel kemerdekaan.
 
"Kami warga Papua khususnya masyarakat kabupaten Boven Digoel mengucapkan dirgahayu Republik Indonesia ke-76," kata Fielda, salah seorang penyelenggara disana. 
 
Seperti diberitakan sebelumnya, masyarakat Papua tampak antusias menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-76. Selain sibuk memasang bendera merah putih, warga ramai-ramai menghiasi kampung masing masing dengan tema warna merah putih, mereka juga menggelar upacara bendera di 18 kabupaten di provinsi Papua-Papua Barat.
 
Upacara tersebut berlangsung di wilayah Ayamaru, Fak Fak, Sorong, Puncak Jaya, Manokwari, Intan Jaya, Kaimana, Nabire, Keerom, Ilaga, Jayapura, Merauke dan berbagai wilayah di Papua dan Papua Barat. 

 
(WHS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif