Karyawan memeriksa pompa air Sungai Bengawan Solo untuk Instalasi Pengolahan Air (IPA) Semanggi di Desa Kadokan, Grogol, Sukoharjo, Jawa Tengah. (Foto: ANTARA/Mohammad Ayudha)
Karyawan memeriksa pompa air Sungai Bengawan Solo untuk Instalasi Pengolahan Air (IPA) Semanggi di Desa Kadokan, Grogol, Sukoharjo, Jawa Tengah. (Foto: ANTARA/Mohammad Ayudha)

Sumber Air PDAM Solo Tercemar Limbah Alkohol

Nasional pencemaran sungai
Pythag Kurniati • 12 September 2019 18:28
Solo: Sepekan terakhir sumber air Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PDAM) Toya Wening, Solo, Jawa Tengah, di Bengawan Solo tercemar limbah alkohol. Imbasnya, produksi air di Instalasi Pengolahan Air (IPA) Semanggi harus dihentikan beberapa kali.
 
"Seperti Jumat (6 September 2019) pekan lalu, dan Rabu (11 September 2019), air baku tercemar etanol sehingga kami tidak bisa produksi sejak pagi hingga malam," ujar Direktur Teknik PDAM Toya Wening, Tri Atmojo, Kamis, 12 September 2019.
 
Pencemaran etanol, kata Tri, terjadi di titik pertemuan antara Bengawan Solo dengan Kali Samin. Wilayah itu berada di Kecamatan Grogol, Sukoharjo.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Perbedaan airnya kelihatan antara sebelum dan sesudah titik pertemuan itu," katanya.
 
Tri mengaku telah melaporkan peristiwa tersebut kepada instansi terkait. Hasilnya, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah akan memanggil seluruh pihak untuk membicarakan permasalahan ini pekan depan.
 
"Nanti semua duduk bersama, ada dari perusahaan air minum sekitar Solo, Dinas Lingkungan Hidup, juga pabrik-pabrik sekitar Bengawan Solo, termasuk pabrik etanol," ujar dia.
 
Di sisi lain, penuruan produksi juga dipengaruhi musim kemarau yang cukup panjang tahun ini. Tri menambahkan IPA Semanggi yang sebelumnya bisa menghasilkan 60-80 liter air per detik dan di Jebres serta Jurug 150 liter per detik, saat ini produksinya terjun bebas.
 
"Karena kemarau kami hanya bisa menghasilkan 60 persennya saja," pungkasnya.
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif