Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. MI/Anggoro
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. MI/Anggoro

SPP SMA/SMK Negeri di Jabar Bakal Digratiskan

Nasional pendidikan
Bayu Anggoro • 25 November 2019 14:34
Bandung: Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan menggratiskan sumbangan pembinaan pendidikan (SPP) bagi seluruh siswa SMA/SMK negeri. Sedangkan untuk SMA/SMK swasta akan diberikan untuk keluarga tidak mampu.
 
"Tahun depan ada SPP gratis, tahun sebelumnya tidak ada," kata Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Emil) usai menggelar peringatan Hari Guru Nasional tingkat provinsi, di Bandung, Jawa Barat, Senin, 25 November 2019.
 
Dia menerangkan Jawa Barat memiliki sekitar 1,7 siswa SMA/SMK, dengan rincian 704 ribu siswa SMA negeri dan swasta, serta satu juta siswa SMK. Emil memastikan rencana tersebut tinggal menunggu pengesahan dalam rapat paripurna DPRD Provinsi Jawa Barat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Insyaallah, nunggu ketuk palu," jelasnya.
 
Dalam peringatan Hari Guru Nasional 2019, Emil membacakan naskah pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim. Mantan wali kota Bandung ini mengapresiasi gagasan yang disampaikan Nadiem.
 
"Pesannya memang lebih personal, memberi simpati ke guru yang sering mengalami kendala dalam mengembangkan inovasi, kreatitvitas," ujarnya.
 
Emil mengajak guru untuk mengimplementasikan ajakan Nadiem. Yakni dengan membuat situasi belajar menyenangkan.
 
"Tidak hanya menghafal," ucapnya.
 
Namun, dia mengaku belu tahu perubahan yang diberikan Pemprov Jawa Barat soal pendidikan. Dia memperkirakan kurikulum yang diubah agar tidak monoton.
 
"Guru-guru jangan terbebani hal-hal administratif," tandasnya.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif