Ilustrasi - Medcom.id.
Ilustrasi - Medcom.id.

Kenaikan UMK Depok Menunggu Penetapan UMP Jabar

Nasional upah
Octavianus Dwi Sutrisno • 03 November 2019 16:14
Depok: Pemerintah Kota Depok belum menetapkan kenaikan upah minimum kota/kabupaten (UMK). Pengupahan di wilayah tersebut masih di angka Rp3.872.551.
 
"UMK itu khusus bagi kota maupun kabupaten, sedangkan UMP untuk Provinsi. Jadi setelah ditetapkan UMP, baru akan ditetapkan UMK," ucap
Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Depok, Manto Djorghi, Minggu, 3 November 2019.
 
Besaran angka UMP akan di sesuaikan dengan aturan yang dikeluarkan Kementerian Tenaga Kerja tertuang dalam Surat Edaran (SE) Menteri Ketenagakerjaan Nomor B - m/308/HI.01.00/X/2019 tanggal 15 Oktober 2019 tentang Penyampaian Data Tingkat Inflasi Nasional dan Pertumbuhan Produk Domestik Bruto Tahun 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Untuk UMP telah ditentukan kenaikannya sebesar 8,51 persen. Angka itu, nanti akan disandingkan dengan UMK yang sekarang," katanya.
 
Acuan kenaikan upah tersebut, menurut Manto, disesuaikan dengan tingkah inflasi dan pertumbuhan produk domestik Bruto (PDB). Berdasarkan hitungan Menteri Tenaga Kerja inflasi pada tingkat nasional sebesar 3,9 persen. Sedangkan, pertumbuhan PDB 5,15 persen.
 
"Sehingga setelah keseluruhan ditotalkan menjadi 8,51 persen dikalikan Rp 3,8 Juta. Dari situ, akan diketahui kemungkinan kenaikan dari upah yang sebelumnya," bebernya.
 
Namun sebelum menetapkan, pihaknya harus berkoordinasi dengan berbagai pihak seperti Serikat Pekerja, Asosiasi Pengusaha, Stakeholder Pemerintah Kota Depok.
 
"Hasilnya, akan dibuatkan draft rekomendasi dari Wali Kota kepada Gubernur. Nantinya, Gubernur (Jawa barat) yang akan menetapkan," tegasnya.
 
Manto menyatakan rekomendasi kenaikan UMK Kota Depok akan disampaikan ke Pemerintah Provinsi Jawa barat pada Minggu ke - 2 Bulan November mendatang. Dia menjelaskan sesuai ketentuan paling lambat 21 November mendatang.
 
"Ini sesuai Surat edaran Kemenaker," tandasnya.

 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif