residen RI keempat (Alm) KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Medcom.id
residen RI keempat (Alm) KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Medcom.id

Gus Dur Diganjar Penghargaan Perdamaian Forum Internasional

Nasional gus dur
Amaluddin • 16 Juli 2019 08:50
Surabaya: Presiden keempat RI (Alm) Abdurrahman Wahid (Gus Dur) menerima penghargaan perdamaiaan dari Zhenghe Internastional Peace Forum. Penghargaan itu diberikan karena Gus Dur dinilai memiliki jasa besar terhadap perdamaian dan keberagaman di Indonesia.
 
Penghargaan tersebut diberikan langsung kepada Sinta Nuriyah Abdurrahman Wahid selaku istri Gus Dur pada pembukaan Konferensi International Zhenghe ke- 5 di Surabaya, Senin malam, 15 Juli 2019.
 
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa bersyukur Zhenghe International Peace Forum yang didirikan oleh peneliti dari Amerika Serikat, Tiongkok, Malaysia dan Uni Emirat Arab beserta ulama dunia ini digelar di Surabaya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Apalagi Presiden RI ke- 4 KH Abdurrahman Wahid juga diberi Zhenghe Peace Award. Ini juga berkat peran PITI dan yayasan Haji Mohammad Cheng Ho yang ada di Jatim," kata Khofifah, dalam sambutannya.
 
Forum ini bertujuan untuk memperdalam pemahaman tentang Islam, dan mempererat komunikasi yang harmonis diantara masyarakat tionghoa dan muslim. Gus Dur sudah yang telah meninggal 10 tahun meninggalkan jejak perjuangan toleransi antarumat, terutama bagi kelompok minoritas
 
Jawa Timur ialah provinsi yang bisa membangun sinergitas yang luar biasa di tengah dinamika dan keberagaman. Forum ini diharapkan dapat memberi kontribusi bagi Jawa Timur dan tolerasi di tingkat dunia.
 
"Kami berharap semua elemen baik peserta, narasumber dan seluruh elemen strategis di Jatim akan dapat memberikan kontribusi terbaiknya selama penyelenggaran Konferensi International berlangsung,” ujar Khofifah.
 
Konferensi International Zhenghe ke 5 berlangsung di kampus UIN Sunan Ampel Surabaya. Nantinya akan menghadirkan 10 narasumber dari empat negara, yakni Tiongkok, Malaysia, Taiwan dan Amerika Serikat.
 

 

(SUR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif