Ket: Pemantauan hilal di Observatorium Tgk Chiek Kuta Karang Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Aceh. Foto: Medcom.id/Fajri Fatmawati
Ket: Pemantauan hilal di Observatorium Tgk Chiek Kuta Karang Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Aceh. Foto: Medcom.id/Fajri Fatmawati

Hilal Terpantau dari 3 Lokasi di Jatim

Nasional hilal Jawa Timur Idulfitri 1443 Lebaran 2022
Amaluddin • 01 Mei 2022 18:32
Surabaya: Tim Rukyatul Hilal Lembaga Falakiah Nahdlatul Ulama (LFNU) Jawa Timur telah memantau hilal di tiga lokasi. Yakni di Balai Rukyat Condrodipo Gresik, Tanjung Kodok Lamongan dan di Mojokerto.
 
Hasilnya, dilaporkan melihat bulan muda atau hilal, dan selanjutnya akan dilaporkan ke pusat sebagai bahan isbat penentuan 1 Syawal 1443 Hijriah. 
 
"Tim Rukyat melihat hilal di Condrodipo Gresik, Tanjung Kodok Lamongan dan di Mojokerto," kata Ketua PW LFNU Jawa Timur KH Shofi ullah atau Gus Shofi, dikonfirmasi, Minggu, 1 Mei 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Hilal di Aceh Terpantau di Ketinggian 5.56 Derajat
 
Gus Shofi mengatakan ada orang yang menyatakan melihat hilal di Condrodipo. Sementara di Mojokerto Raya ada empat orang yang melihat hilal. Para saksi kemudian disumpah dan dibuatkan berita acara, untuk kemudian dilaporkan ke tim rukyat pusat. 
 
Gus Shofi sebelumnya menuturkan, LFNU Jatim menerjunkan tim rukyatul hilal di 29 titik yang tersebar di beberapa kabupaten/kota di Jatim. "Nanti hasilnya akan dilaporkan lebih lanjut," ujarnya. 
 
(WHS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif