Stok darah di PMI Cabang Kudus, Jawa Tengah. (ANTARA/Akhmad Nazaruddin Lathif)
Stok darah di PMI Cabang Kudus, Jawa Tengah. (ANTARA/Akhmad Nazaruddin Lathif)

Stok Darah di Kabupaten Kudus Menipis

Nasional donor darah Palang Merah Indonesia jawa tengah
Antara • 18 April 2022 10:28
Kudus: Stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Kabupaten Kudus, Provinsi Jawa Tengah sudah menipis. Stok yang ada hanya cukup untuk memenuhi permintaan dalam beberapa hari mendatang. 
 
Menurut Humas Unit Donor Darah PMI Cabang Kudus Praptiningsih pada Senin total stok darah yang tersedia sebanyak 214 kantong, yang terdiri atas darah lengkap untuk golongan darah A sebanyak 34 kantong, B sebanyak 95 kantong, AB sebanyak 23 kantong, dan O sebanyak 45 kantong serta trombosit sebanyak 14 kantong.
 
Padahal, ia mengatakan, permintaan dari satu rumah sakit yang memiliki bank darah bisa sampai 60-an kantong dan PMI harus memenuhi permintaan banyak rumah sakit.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia mengatakan PMI Kudus melayani permintaan darah dari rumah sakit yang berada di wilayah Kabupaten Kudus maupun rumah sakit di luar daerah yang membutuhkan. Praptiningsih mengatakan bahwa selama bulan puasa kegiatan donor darah berkurang.
 
Baca: Stok Darah di Kota Bandung Menipis Selama Ramadan
 
"Kegiatan donor selama puasa memang berkurang, terutama dari karyawan perusahaan yang selama ini memiliki jadwal tetap donor diliburkan sementara, sehingga kami hanya mengandalkan donor malam hari dan relawan dari jemaat gereja di Kudus," ujarnya, Senin, 18 April 2022.
 
Pekan ini, kata dia, tiga gereja dijadwalkan melakukan kegiatan donor darah dan selain itu ada mobil donor yang dikerahkan untuk menyediakan layanan donor keliling usai salat tarawih.
 
PMI Kudus mengoptimalkan upaya untuk menjaring pendonor selama Ramadan guna memenuhi permintaan darah.
 
Menurut Praptiningsih, pekan ini pelayanan donor darah keliling usai salat tarawih dijadwalkan dilaksanakan di Desa Getas Pejaten, Kecamatan Jati dan Desa Undaan Tengah, Kecamatan Undaan.
 
PMI juga menjadwalkan pelaksanaan kegiatan donor darah di Alun-alun untuk menjaring masyarakat yang mengunjungi kawasan pusat kota. 
 
(WHS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif