Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi. (Foto: Medcom.id/Antonio)
Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi. (Foto: Medcom.id/Antonio)

Pelaku Perjalanan di Bekasi Wajib Tes PCR

Nasional tes virus korona Pencegahan Covid-19 penanggulangan covid-19 Kota Bekasi tes PCR Tes Antigen
Antonio • 03 Januari 2022 08:55
Bekasi: Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, mewajibkan pelaku perjalanan untuk melakukan tes PCR di Fasilitas Kesehatan atau Puskesmas terdekat. Hal itu berdasarkan surat edaran Nomor 440/2043/SETCOVID-19 tentang Pemeriksaan PCR Terhadap Pelaku Perjalanan ke Fasilitas Kesehatan (Puskesmas) Terdekat di Kota Bekasi per 31 Desember 2021. 
 
Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi, mengatakan, dalam surat yang ditujukan kepada camat, lurah, dan Kepala Puskesmas se-Kota Bekasi itu mengacu pada Surat Edaran Satuan Tugas Penanganan Covid -19 Kementerian Kesehatan R.l Nomor 23 Tahun 2021 tertanggal 29 November 2021 Tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Pada Masa Pandemi Covid-19.
 
Dia mengatakan, beberapa poin dalam peraturan tersebut yakni menerapkan protokol kesehatan terhadap pelaku perjalanan pada masa pandemi covid-19. Kemudian, mengantisipasi penyebaran covid-19 baru maupun yang akan datang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga: BMKG Prediksi Sebagian Wilayah Indonesia Diguyur Hujan Lebat
 
"Seluruh pelaku perjalanan baik nasional maupun internasional diwajibkan untuk melakukan PCR di fasilitas kesehatan (Puskesmas terdekat)," kata dia di Bekasi, Senin, 3 Januari 2022.
 
Dia juga menerangkan, para pelaku perjalanan itu harus menunjukkan hasil negatif test RT-PCR di negara/wilayah asal yang sampelnya diambil maksimal 3x24 jam sebelum keberangkatan.
 
Kemudian, pada saat kedatangan, dilakukan tes ulang RT-PCR bagi pelaku perjalanan internasional dan diwajibkan menjalani karantina selama 7x24 jam.
 
"Semua penanggung jawab wilayah camat dan lurah turut memantau kedatangan pelaku perjalanan," ujarnya.
 
Rahmat juga meminta agar hasil tes PCR kepada pelaku perjalanan itu dilaporkan ke dirinya setiap hari melalui Dinas Kesehatan Kota Bekasi.

 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif