Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Desa Giripurno di Batu Segera Diisolasi

Nasional Virus Korona
Daviq Umar Al Faruq • 22 Mei 2020 17:39
Batu: Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batu berencana melakukan karantina lokal di Desa Giripurno, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur. Karantina lokal diterapkan untuk menekan penyebaran virus korona atau covid-19.
 
Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batu, M Chori, mengatakan karantina lokal di Desa Giripurno merupakan rekomendasi dari Dinas Kesehatan Kota Batu. Sehingga bisa memberikan perlindungan kepada warga desa.
 
"Maka dipandang perlu untuk dilakukan karantina lokal pada 2 RW Desa Giripurno yaitu RW 3 yang meliputi RT 11, RT 12 dan RT 13 serta RW 9 yaitu RT 60 dan RT 61," kata Chori, Jumat, 22 Mei 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia mengaku rencana karantina lokal telah dibahas oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batu bersama pihak Kecamatan dan Forpimcam (Polsek dan Koramil) serta pihak desa. Hasil rapat direkomendasikan untuk dilakukan karantina lokal Desa Giripurno.
 
"Rekomendasi hasil rapat ini akan dibahas dengan gugus tugas tingkat kota guna mendapatkan persetujuan dan penetapan dari Ketua Gugus Tugas Kota Batu," terangnya.
 
Baca:Warga di Cirebon Berdesakan Cairkan Bantuan Tunai
 
Kemudian, lanjut dia, pihak desa pun akan melakukan rapat dengan pihak kecamatan dan Forpimcam bersama tokoh, kepala dusun, serta RW dan RT. Rapat dilakukan untuk persiapan karantina lokal.
 
Desa Giripurno merupakan penyumbang pasien positif covid-19 terbanyak ketimbang desa dan kelurahan lainnya di Kota Batu. Per Kamis 21 Mei 2020, terdapat dua pasien positif covid-19, dua orang meninggal, satu pasien dalam pengawasan (PDP), lima orang dalam pemantauan (ODP) dan 21 orang dalam risiko (ODR).
 
Pasien positif covid-19 asal Desa Giripurno merupakan wanita berusia 51 tahun. Pasien yang sebelumnya berstatus PDP ini meninggal pada 14 Mei 2020. Sebelumnya pasien tersebut berobat di salah satu rumah sakit di Kota Batu. Saat itu kondisi kesehatannya sudah menurun dengan gejala demam, batuk, pilek dan pneumonia sedang.
 
Data kasus covid-19 di Kota Batu per 21 Mei 2020:
 
1. Orang Dengan Resiko (ODR) : 2.583 orang (761 orang dalam pemantauan; 1.822 orang selesai pemantauan)
2. Orang Tanpa Gejala (OTG) : 234 orang (21 orang dalam pemantauan; 213 orang selesai pemantauan)
3. Orang Dalam Pantauan (ODP) : 277 orang (48 orang dalam pemantauan; 229 orang selesai pemantauan)
4. Pasien Dalam Pengawasan (PDP) : 59 orang (6 orang meninggal dunia; 14 orang dalam pengawasan; 39 orang selesai pengawasan)
5. Positif Covid-19 : 10 orang (1 orang meninggal; 2 orang sembuh; 7 orang dirawat)
 

(LDS)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif