Tim SAR gabungan melakukan pencarian seorang anak yang masih tertimbun bangunan di Kampung Gintung, Desa Mangunkerta, Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Kamis, 24 November 2022. Antara/ Raisan Al Farisi
Tim SAR gabungan melakukan pencarian seorang anak yang masih tertimbun bangunan di Kampung Gintung, Desa Mangunkerta, Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Kamis, 24 November 2022. Antara/ Raisan Al Farisi

Puluhan Relawan Berpengalaman dari DIY Diterjunkan ke Cianjur

Antara • 24 November 2022 23:51
Yogyakarta: Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengirim puluhan relawan berpengalaman yang akan bertugas menangani dampak gempa bumi di Desa Mangunkerta, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.
 
Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial DIY, Sigit Alifianto, mengatakan 34 personel Tagana DIY beserta tiga personel Dinas Sosial DIY telah diberangkatkan pada Rabu, 23 November 2022.
 
"Tiga puluh empat personel ini memang sudah teruji kemampuannya. Mereka pernah dikirim juga sebagai relawan ke sejumlah daerah, seperti Bali, Lombok, dan Sulawesi Tengah dengan spesialisasi masing-masing," kata Sigit di Yogyakarta, Kamis, 24 November 2022.
 
Baca: LPEI Salurkan Bantuan bagi Korban Bencana Gempa Cianjur

Dia memastikan personel Tagana DIY yang diberangkatkan mumpuni dan berpengalaman untuk menangani kebencanaan mengingat saat ini kondisi Cianjur masih status darurat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Personel yang dikirim memiliki spesialisasi kemampuan pengelolaan logistik, pengelolaan dapur umum, pengelolaan layanan dukungan psikososial, dan posko aduan.
 
Dia menjelaskan mereka dibekali dengan enam armada berupa satu mobil RTU, satu truk dapur umum, dua truk serbaguna, satu truk tangki air, dan satu sepeda motor.
 
"Enam armada yang dibawa ini nantinya akan difungsikan sepenuhnya untuk membantu korban gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat," jelas Sigit.
 
Tagana DIY yang berangkat juga dibekali logistik seperti tenda, bahan makanan untuk dimasak oleh dapur umum Tagana DIY, selimut, matras, serta obat-obatan ringan untuk para korban.
 

Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news medcom.id
 

 
 
 
(DEN)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif