Ilustrasi. Dok: Reuters.
Ilustrasi. Dok: Reuters.

Malang Berambisi Jadi Silicon Valley di Indonesia

Nasional startup industri digital
Daviq Umar Al Faruq • 12 Juni 2021 16:04
Malang: Wali Kota Malang, Sutiaji, mengajak kelompok-kelompok perusahaan rintisan atau startup untuk saling bersinergi bersama melalui kolaborasi hexahelix. Ia menilai kota tersebut sudah mumpuni secara kuantitas. 
 
"Malang diharapkan menjadi Silicon Valley-nya Indonesia, kaitannya dengan industri digital. Saya minta kelompok-kelompok startup untuk bangun komitmen dan konsistensi," kata Sutiaji, Sabtu, 12 Juni 2021.
 
Sutiaji menyebutkan pertumbuhan industri startup di Kota Malang cukup tinggi. Tercatat hingga saat ini, Kota Malang memiliki 168 industri startup berbasis digital. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita tetap punya idealisme yang kuat, dari Malang untuk Indonesia dan dunia kita jadikan kenyataan. Program-program kita harus mendunia. Yakinlah Malang punya potensi itu," terang Sutiaji.
 
Sutiaji menjelaskan, kunci penting bagi tumbuh kembangnya ekonomi kreatif yakni dengan kolaborasi yang positif. Sehingga, diharapkan mampu mewujudkan ekosistem digital kreatif untuk mendorong tumbuhnya industri startup di Kota Malang.
 
Sumber daya manusia (SDM) Kota Malang sendiri turut mendukung ekosistem digital kreatif. Kota Malang tengah didominasi oleh pemuda milenial. Setidaknya 50,63 persen komposisi penduduk adalah generasi Z. 
 
Baca: Startup Lokal Bersinergi Majukan Produk Indonesia
 
"Masalah SDM saya punya keyakinan tidak kekurangan, ini kita kuatkan. Pemkot Malang akan berikan fasilitasi. Terus menerus kita berikan kolaborasi," ungkap Sutiaji.
 
Sutiaji turut mengapresiasi eksistensi komunitas yang mewadahi startup lokal untuk menjadi bagian dari penggerak industri startup digital di Kota Malang. Sutiaji juga berpesan agar semua pihak terus bersinergi bersama menguatkan ekosistem digital kreatif di sana.
 
"Terus berupaya agar Malang ini kita kuatkan lingkungan ekosistem digital kreatifnya. Saya punya keyakinan kita bisa. Posisi kita sudah terbangun dengan baik. Sudah waktunya kita bangkit," tutur dia. 
 
(SYN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif