Suasana Lapas Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat, Jumat, 8 Januari 2021. (Foto: Medcom.id/Rizky)
Suasana Lapas Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat, Jumat, 8 Januari 2021. (Foto: Medcom.id/Rizky)

Ditjen PAS Pastikan Ba'asyir Pulang Dikawal BNPT dan Densus 88

Nasional terorisme abu bakar baasyir
Antara • 08 Januari 2021 08:23
Jakarta: Mantan narapidana terorisme Abu Bakar Ba'asyir langsung menuju kediamannya di Sukoharjo, Jawa Tengah, usai dinyatakan bebas murni dari Lapas Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat, Jumat, 8 Januari 2021.
 
Kepala Bagian Humas dan Protokol Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas) Rika Aprianti mengatakan, perjalanan Ba'asyir menuju kediamannya memperoleh pengawalan dari Densus 88 Antiteror Mabes Polri dan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).
 
"Perjalanan ABB (Abu Bakar Ba'asyir) menuju kediaman di Sukoharjo, selain didampingi keluarga dan tim pengacara, juga dilakukan pengawalan oleh Densus 88 dan BNPT," ucap Rika, melansir Antara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebelum dibebaskan, Ba'asyir terlebih dahulu melewati proses administrasi dan protokol kesehatan pencegahan dan penanggulangan covid-19. Rika mengatakan hasil tes cepat antigen Ba'asyir dinyatakan negatif virus korona.
 
Selanjutnya, Ba'asyir diserahterimakan kepada pihak keluarga dan tim pengacara yang datang menjemput sejak tengah malam.
 
Baca juga: Abu Bakar Ba'asyir Dijemput Kedua Putra Pulang ke Jateng
 
"ABB diserahterimakan dengan pihak keluarga dan tim pengacara yang datang menjemput, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang di antaranya adalah membawa surat hasil tes usap covid-19 negatif," ungkap Rika.
 
Sebelumnya, Abu Bakar Ba'asyir meninggalkan Lapas Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, usai melaksanakan salat subuh sekitar pukul 05.21 WIB.
 
Abu Bakar Ba'asyir tampak mengenakan pakaian serba putih, kaca mata, dan masker dalam minibus putih jenis Hyundai berpelat nopol AD-1138-WA.
 
Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat menyatakan Abu Bakar Ba'asyir bebas murni pada Jumat, 8 Januari 2021.
 
Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat Imam Suyudi mengatakan, pembebasan Ba'asyir itu dipastikan telah sesuai prosedur. Menurut dia, Ba'asyir telah menjalani vonis 15 tahun dikurangi remisi sebanyak 55 bulan.
 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif