Ilustrasi. FOTO: dok PLN
Ilustrasi. FOTO: dok PLN

PLN Ungkap Penyebab Gangguan Listrik di Sumsel, Jambi, dan Bengkulu

Gonti Hadi Wibowo • 05 Juli 2022 17:30
Palembang: PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Sumatra Selatan, Jambi, dan Bengkulu menjelaskan pemadaman listrik di tiga Provinsi tersebut dikarenakan adanya gangguan trip saluran udara tegangan tinggi transmisi 150 kV jalur Lahat-Bukit Asam.
 
Pemadaman yang dimulai pada pukul 18.30 WIB, Senin, 4 Juli 2022 itu kembali normal pada pukul 00.28 WIB, Selasa, 5 Juli 2022.
 
"Pemulihan yang dilakukan petugas PLN berhasil menormalkan kembali 201 penyulang, lebih dari 21 ribu distribusi dan juga 2,5 juta lebih pelanggan PLN di tiga Provinsi yakni Sumsel, Jambi, dan Bengkulu," kata General Manager PLN S2JB, Adhi Herlambang, saat dikonfirmasi.
 
Baca: Listrik Mati, Penumpang LRT Palembang Susuri Rel sampai Stasiun Demang

Dia menjelaskan pemadaman massal tersebut murni dikarenakan faktor cuaca yang esktrem. Pihaknya menyebut bahwa tidak ada Standar Operasional Prosedur (SOP) yang dilanggar oleh pihak PLN.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami pastikan tidak ada SOP yang dilanggar," jelasnya.
 
Pihaknya juga akan melakukan investigasi mengenai penyebab terjadinya gangguan listrik tersebht.
 
"Petugas PLN akan tetap melakukan investigasi lebih lanjut penyebabnya mulai dari sisi pembangkitan, transmisi, intitusi dan keseluruhan panel," ungkap Adhi.
 
Pemadaman listrik terjadi di beberapa daerah di Sumatra Selatan (Sumsel), Senin, 4 Juli 2022 pukul 18.30 WIB. Berdasarkan pantauan, Medcom.id, khusus di Kota Palembang hampir seluruh wilayah listriknya padam.
 
Manajer Komunikasi dan TJSL PLN UI-S2JB, Sendy Rudianto, mengatakan padamnya listrik ini disebabkan adanya gangguan penghantar 150 KV Lahat - Bukit Asam.
 
Selain di Palembang, pemadaman listrik pun terjadi di daerah lain di Sumsel yakni Muara Enim, PALI, Lahat, Banyuasin, dan Musi Banyuasin.
 
Adapun 24 gardu induk yang terdampak dari gangguan tersebut yakni gardu listrik Bukit Siguntang, Boom baru, Borang, Bungaran, Gandus, Kenten, Keramasan, Gis Kobar, Gis Kotim, dan Mariana.
 
Kemudian New Jakabaring Suduk Putih, Sei Juaro, Sei Kedukan, Talang Kelapa, Talang ratu, Tanjung api api, Bukit Asam, Gunung Megang, Simpang Tiga, Gumawang, Kayu Agung,Prabumulih dan wilayah Jambi.
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif