Ilustrasi - - Foto: dok MI
Ilustrasi - - Foto: dok MI

Pelabuhan Merak Siapkan 68 Kapal Jelang Mudik Lebaran

Nasional Mudik Lebaran hari raya idul fitri ASDP Lebaran 2022
Hendrik Simorangkir • 18 April 2022 22:13
Tangerang: Menjelang arus mudik Lebaran, jajaran PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Utama Merak mulai siaga. Sebanyak 68 kapal siap beroperasi menjelang mudik Lebaran 2022.
 
"Untuk kesiapan armada pada periode angkutan Lebaran 2022 telah disiapkan 68 unit kapal yang siap beroperasi," ujar General Manager (GM) PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Utama Merak, Lutfi Pratama, Senin, 18 April 2022.
 
Lutfi menuturkan 68 kapal yang siap beroperasi terdiri dari 6 kapal pelayaran express dan 62 kapal pelayaran reguler
.
"Untuk kesiapan mulai dari fasilitas sudah disiapkan semua, termasuk kapal tambahannya," ujar dia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Lutfi menuturkan pihaknya akan menambah armada kapal sebanyak 29-32 unit. Armada ini akan dipakai bila penumpak membeludak.
 
"Kita akan menambah kapal menjadi 34 kapal yang beroperasi per hari," jelasnya.
 
Baca: Puncak Arus Mudik di Yogyakarta Diprediksi 28-30 April
 
Lutfi menuturkan untuk saat ini jumlah keberangkatan ataupun kepulangan penumpang di pelabuhan belum adanya kenaikan signifikan. Kenaikan penumpang diperkirakan sekitar 15 persen.
 
Sebelumnya, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Utama Merak memprediksi puncak arus mudik Lebaran pada 28-30 April 2022. Sejumlah langkah sudah disiapkan untuk mengantisipasi lonjakan pemudik.
 
"Sedangkan untuk arus balik diprediksi akan terjadi pada 6-8 Mei 2022," ujar Lutfi.
 
Lutfi menuturkan pihaknya tengah berkoordinasi dengan stakeholder lainnya untuk mengantisipasi dan mengurai kepadatan penumpang di saat arus mudik berlangsung.
 
"Kami akan selalu berkoordinasi dengan pihak kepolisian, BPTD (Balai Pengelola Transportasi Darat) dan para stakeholder lainnya, untuk mengatur pola lalu lintas dari luar maupun dalam pelabuhan Merak," jelasnya.
 
Lutfi berharap di tengah penurunan kasus covid-19 aktivitas penyeberangan kapal laut dapat kembali pulih, namun dengan tetap berhati-hati antara lain dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.
 
(NUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif