Suasana persiapan shalat khusuf di Masjid Al Markaz Al Islamy pada saat terjadi gerhana bulan total yang terjadi pada Rabu malam, 26 Mei 2021. ANTARA/ Suriani Mappong
Suasana persiapan shalat khusuf di Masjid Al Markaz Al Islamy pada saat terjadi gerhana bulan total yang terjadi pada Rabu malam, 26 Mei 2021. ANTARA/ Suriani Mappong

Salat Gerhana di Makassar Pakai Protokol Kesehatan Ketat

Surya Perkasa • 27 Mei 2021 06:22
Makassar: Umat Islam di sejumlah masjid di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, menggelar salat gerhana bulan atau salat khusuf pada Rabu, 26 Mei 2021. Salat sunah ini digelar dengan protokol kesehatan covid-19 ketat.
 
Kepala Kanwil Kemenag Sulawesi Selatan Khaeroni telah menyosialisasikan penerapan protokol kesehatan bagi tempat yang menggelar salat khusuf. Hal ini diakui pengurus Masjid Fatul Jihad, Nur Alim.
 
Dia mengatakan seluruh jemaah yang masuk masjid harus menggunakan masker dan sudah berwudu dari rumah. "Selain itu, diminta untuk menjaga jarak, sehingga mereka lebih mematuhi protokol kesehatan demi kemaslahatan bersama," kata Nur Alim dilansir Antara, Rabu, 26 Mei 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Super Blood Moon Picu Pontensi Banjir Rob di 11 Wilayah Indonesia
 
Hal yang sama juga diakui pengurus Masjid Raya Makassar, Ustaz Muhammad Syahril. Namun, dia mengatakan penerapan protokol kesehatan covid-19 ini sudah dilakukan sejak izin beribadah di masjid keluar.
 
Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar menyatakan proses gerhana bulan total ini berlangsung sekitar 5 jam pada Rabu 26 Mei 2021. Jelang salat Magrib hingga sekitar pukul 18.45 Wita, bulan sudah terpantau tertutup 90 persen. Bulan purnama sudah kembali normal sekitar pukul 20.30 Wita.
 
(SUR)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif