Warga di Dusun Polai, Desa Jatisari, Kecamatan Arjasa berjalan kaki sambil memikul air bersih yang dibelinya. (metrotv)
Warga di Dusun Polai, Desa Jatisari, Kecamatan Arjasa berjalan kaki sambil memikul air bersih yang dibelinya. (metrotv)

11 Desa di Situbondo Krisis Air Bersih

Clicks.id • 01 September 2021 13:33
Situbondo: Kemarau panjang yang melanda Kabupaten Situbondo, Jawa Timur sejak tiga bulan lalu membuat krisis air bersih di daerah pegunungan. Untuk mendapatkan air, warga harus berjalan kiloan meter.
 
Warga di Dusun Polai, Desa Jatisari, Kecamatan Arjasa misalnya, terpaksa berjalan kaki sambil memikul air bersih yang dibelinya. Dalam satu jurigen berisi 30 liter seharga Rp500. Setiap hari, warga membutuhkan sedikitnya enam jerigen untuk memasak, mandi dan ternak.
 
"Setiap hari berjalan menuju tandon air milik warga yang memasang bor. Beli enam jerigen, " ujar Ningsih, salah satu warga, Rabu, 1 September 2021. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: BPBD Cari Sumber Penyebab Banjir di Padang
 
Tidak hanya Dusun Polai, kondisi serupa juga terjadi di 11 desa dari delapan kecamatan yang terdampak krisis air bersih akibat kemarau melanda. Sebagian warga yang tak memiliki uang untuk membeli air bersih, memanfaatkan sungai dan mata air yang hanya menetes di bebatuan tebing.
 
Warga berharap segera ada bantuan air bersih dari pemeritah Kabupaten Situbondo. Selain itu ke depanya minta adanya sumur bor atau pipanisasi ke mata air agar warga tak lagi kesulitan air.
 
"Banyak yang tak sanggup kalau harus membeli setiap hari. Kondisi warga di pegunungan sangat memprihatinkan, " keluhnya.
 

 
*?Hai Sobat Medcom, terima kasih sudah menjadikan Medcom.id sebagai referensi terbaikmu. Kami ingin lebih mengenali kebutuhanmu. Bantu kami mengisi angket ini yuk  https://tinyurl.com/MedcomSurvey2021 dan dapatkan saldo Go-Pay/Ovo @Rp 50 ribu untuk 20 pemberi masukan paling berkesan. Salam hangat.
 
 
(WHS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif