Ilustrasi / Medcom.id
Ilustrasi / Medcom.id

Yogyakarta Siapkan Layanan Drive Thru KTP-el di 4 Kecamatan

Nasional e-ktp ktp
Antara • 15 Juni 2021 09:42
Yogyakarta: Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Yogyakarta berencana membuka layanan pembuatan KTP elektronik (KTP-el) lantatur atau drive thru di empat kecamatan. Sebelumnya, layanan tersebut ditutup di kompleks Balai Kota Yogyakarta dan dialihkan ke di Mal Pelayanan Publik.
 
"Rencananya akan kami buka di kecamatan. Ada di empat kecamatan yang dilakukan bergantian," kata Kepala Bidang Pendaftaran Kependudukan Disdukcapil Kota Yogyakarta Bram Prasetyo di Yogyakarta, Selasa, 15 Juni 2021. 
 
Empat kecamatan tersebut adalah Kecamatan Kotagede, Mergangsan, Jetis, dan Wirobrajan. Namun, jadwal pelayanan akan berbeda dengan kompleks Balai Kota. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jika layanan drive thru di kompleks Balai Kota Yogyakarta biasanya dilakukan selama empat hari dalam sepekan, maka layanan drive thru di kecamatan hanya akan dibuka dua kali dalam sepekan.
 
"Hanya dilakukan pelayanan tiap Rabu dan Kamis mulai pukul 09.00 WIB hingga 12.30 WIB," lanjut Bram. 
 
Jenis layanan lantatur di kecamatan tidak hanya untuk kebutuhan mencetak KTP-el baru atau KTP-el yang rusak dan hilang, tetapi akan dilengkapi layanan perekaman data KTP-el untuk pemohon baru. Layanan ini juga bisa diakses oleh warga Yogyakarta di luar kecamatan tersebut. 
 
"Jika masyarakat datang pada Rabu untuk melakukan perekaman data, maka KTP-el bisa diperoleh pada keesokan harinya," terang Bram. 
 
Baca: 8 Daerah di Banten Kembali Masuk Zona Oranye Covid-19
 
Layanan drive thru di kecamatan tersebut rencananya dimulai pada Juli di kantor Kecamatan Kotagede. "Layanan di Kotagede akan dilakukan selama satu bulan dan bulan berikutnya akan dilakukan di kecamatan lain," ucap Bram. 
 
Berdasarkan koordinasi sementara, layanan lantatur di kecamatan Mergangsan akan dilakukan pada Agustus 2021 dan bergeser ke Kecamatan Jetis pada September 2021. Kemudian, di Kecamatan Wirobrajan pada Oktober 2021.
 
"Kami pilih kantor kecamatan yang sekiranya memungkinkan untuk menampung antrean masyarakat yang ingin mengakses layanan pencetakan KTP-el," tutur Bram. 
 
Ia menambahkan, pemilihan lokasi di kantor kecamatan juga dilakukan untuk memastikan agar pemenuhan jaringan internet sebagai syarat utama pelayanan bisa terpenuhi. 

 
(SYN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif