Bupati Merauke Frederikus Gebze (tengah). (Foto: MI/M Taufan SP Bustan)
Bupati Merauke Frederikus Gebze (tengah). (Foto: MI/M Taufan SP Bustan)

5 Kabupaten Dukung Pembentukan Provinsi Papua Selatan

Nasional pemekaran daerah
Roylinus Ratumakin • 28 November 2019 14:07
Jayapura: Rencana pemekaran Daerah Otonomi Baru (DOB) Provinsi Papua Selatan mendapat dukungan lima kabupaten yang mendiami wilayah selatan Papua. Kelimanya yakni, Kabupaten Merauke, Boven Digoel, Mappi, Asmat, dan Kabupaten Pegunungan Bintang.
 
Bupati Merauke, Frederikus Gebze, mengatakan, bangsa Indonesia telah menikmati kekayaan yang disumbangkan orang hitam dan keriting dari bumi Papua. Dia bersama empat bupati di wilayah Selatan Papua mendukung penuh pembentukan Provinsi Papua Selatan.
 
“Jika ada pernyataan bahwa DOB untuk siapa? Saya tegaskan untuk orang asli Papua di (wilayah) selatan Papua. Kalau kita masih hidup dalam satu piring dan saling berebutan nasi, itu akan susah dan mungkin kita akan terus mendapatkan tulang,” kata Gebze, Kamis, 28 November 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Gebze, masyarakat di Papua Selatan butuh visi dan masa depan baru untuk mengangkat harkat serta martabat masyarakat di wilayah selatan Papua.
 
“Kami (5 kabupaten) adalah jembatan untuk hadirnya Provinsi Papua Selatan, dan itu adalah harga mati,” ujarnya.
 
Kementerian Dalam Negeri sebelumnya menilai Papua Selatan sudah siap menjadi daerah otonomi baru.
 
“Papua Selatan itu sudah siap dimekarkan. Artinya para stakeholder terkait di sana sudah cukup siap, bupatinya, masyarakatnya, tokoh masyarakatnya siap,” tutur Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri Akmal Malik, Kamis, 21 November 2019.
 
Dia menyebut pemekaran tinggal menunggu kesepakatan bersama antara pemerintah pusat, DPR, pemerintah daerah di Papua dan kelompok berkepentingan lain. Nantinya, DPR menetapkan undang-undang yang menjadi dasar pemekaran daerah otonomi baru.
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif