Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini menghadiri pertemuan Bu Nyai se-Nusantara 13-14 Juli 2019, di Surabaya, Jawa Timur. Doukementasi: istimewa.
Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini menghadiri pertemuan Bu Nyai se-Nusantara 13-14 Juli 2019, di Surabaya, Jawa Timur. Doukementasi: istimewa.

Risma Harap Bu Nyai Se-Nusantara Bisa Tangkal Radikalisme

Nasional radikalisme Tangkal Radikalisme
Syaikhul Hadi • 15 Juli 2019 06:58
Surabaya: Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini mendukung Silaturahmi Nasional (Silatnas) yang dipelopori ratusan Bu Nyai se-Nusantara untuk merespon dinamika sosial yang menyangkut agama. Terlebih dalam menangkal paham radikalisme di kalangan perempuan dan anak-anak.
 
Pertemuan yang digelar selama dua hari di Surabaya, yakni 13-14 Juli 2019 diikuti Ibu Nyai dari berbagai provinsi di Indonesia.
 
"Saya kira ini bagus karena seluruh potensi harus kita kerahkan, terutama untuk masalah radikalisme ini karena sudah menyerang anak-anak dan perempuan," kata Risma di Surabaya, Minggu, 14 Juli 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Risma menjelaskan dahulu paham radikalisme hanya menyerang kaum laki-laki, tapi sekarang mengarah ke perempuan dan anak. Maka dari itu, hasil dari pertemuan Ibu Nyai ini diharapkan dapat merumuskan solusi menjalin sinergi antara pesantren perempuan bersama pemerintah dalam upaya menekan paham radikalisme.
 
"Karena itu kita harus bergerak bersama, terutama untuk penyelamatan generasi penerus bangsa," jelas Risma.
 
Risma kembali mengatakan selama ini Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya terus berupaya menekan penyebaran paham radikalisme. Baik itu di kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN), pelajar maupun masyarakat umum.
 
Salah satunya yakni menjalin kerjasama dengan kalangan Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah dalam mengadakan pengajian.
 
"Kita juga rutin mengadakan pengajian, bagaimana islam yang rahmatan Lil alamin, islam yang indah, itu sudah kita mulai dengan Fatayat NU dan Muhammadiyah itu kita kerjasama seperti itu," pungkas Risma.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif