Kepala BNPB Suharyanto. (ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi)
Kepala BNPB Suharyanto. (ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi)

Dampak Gempa Cianjur Meluas ke 15 Kecamatan

Whisnu Mardiansyah • 23 November 2022 18:38
Cianjur: Hari kedua pascagampa bumi 5,6 magnitudo di Kabupaten Cianjur dampak kerusakan semakin meluas. Tercatat kini 15 kecamatan terdampak gempa dengan kerusakan infrastruktur dan tempat tinggal.
 
Data kecamatan terdampak yaitu Cianjur, Karang Tengah, Warung Kondang, Cilaku, Gekbrong, Cugenang, Cibeber, Sukaluyu, Sukaresmi, Pacet, Bojong Picung, Cikalong Kulon, Mande, Cipanas dan Haurwangi.
 
"Ada 13 kecamatan yang terdampak bertambah dari kemarin sore sekarang ada 15 kecamatan," kata Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto di Cianjur, Rabu, 23 November 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara, jumlah total pengungsi hingga hari ketiga mencapai 61.908 jiwa yang tersebar 14 posko pengungsian. Dampak kerusakan tercatat 56.320 rumah rusak. Dengan rincian rumah rusak berat 22.241 unit, rumah rusak sedang 11.641, dan rumah rusak ringan 22.090 unit.
 
Baca: Korban Meninggal Gempa Cianjur Bertambah Jadi 271 Jiwa, 40 Masih Hilang

"Ada infrastruktur juga yang rusak sekolah ada 31 sekolah, tempat ibadah ada 124 unit, fasilitas kesehatan ada 3 dan gedung atau perkantoran ada 13," terang Suharyanto.
 
Hari kedua pascagempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat jumlah korban meninggal terus bertambah. Data hari ini Rabu, 23 November 2022 tercatat 271 orang meninggal.
 
"Data di hari kedua penanganan pascagempa bumi di Kabupaten Cianjur ini yang pertama untuk yang meninggal dunia ini kami sudah mengidentifikasi mencocokkan data dengan Kementerian Kesehatan khususnya pusat krisis kesehatan di semua rumah sakit dan Puskesmas yang sudah betul-betul ada jenazahnya ya jadi tercatat per hari ini ada 271 jenazah," kata Suharyanto.
 
Dalam proses pencarian hari ini tim gabungan dengan total 6 ribu personel menemukan empat korban yang sempat dinyatakan hilang. Tiga di antaranya ditemukan meninggal dan seorang anak yang ditemukan selamat.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news medcom.id
 
(WHS)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif