Ilustrasi covid-19/Medcom.id/M Rizal
Ilustrasi covid-19/Medcom.id/M Rizal

26 Pasien Covid-19 Menjalani Perawatan di RSSA Malang

Daviq Umar Al Faruq • 22 November 2022 15:33
Malang: Ruang perawatan pasien covid-19 di RSUD dr Saiful Anwar (RSSA) Kota Malang, Jawa Timur, mulai terisi kembali selama beberapa pekan terakhir. Per Senin, 21 Novemver 2022, ada 26 pasien covid-19 yang dirawat di rumah sakit milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur tersebut.
 
Direktur RSSA Malang, Kohar Hari Santoso, mengatakan RSSA merupakan salah satu rumah sakit rujukan utama covid-19 di wilayah Jawa Timur. Total ada 43 tempat tidur atau bed yang disediakan untuk merawat pasien covid-19.
 
"(Kamar pasien covid-19) di RSSA belum penuh. Kapasitas kami ada 43 bed, pasien yang dirawat ada 26. Jadi masih ada yang kosong. Di UGD kapasitas enam, pasien tiga," kata Kohar di Malang, Selasa, 22 November 2022.
 
Baca: Kasus Covid-19 Naik, Petugas Pemakaman di Malang Disiagakan

Kohar menerangkan kasus aktif covid-19 di Jawa Timur mulai mengalami peningkatan selama beberapa pekan terakhir. Mayoritas pasien covid-19 yang dirawat di RSSA Malang merupakan warga Malang Raya dan sekitarnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Secara umum, memang ada peningkatan dibanding minggu lalu yang hanya belasan. Rata-rata kondisinya, memang punya komorbid mulai kelainan pernafasan, hipertensi hingga neurologis," jelasnya.
 
Kohar mengaku pihaknya juga terus memantau terkait penyebaran covid-19 varian baru. Salah satunya dengan berkoordinasi hingga mengirim sampel beberapa pasien yang dirawat di RSSA ke laboratorium di Jakarta.
 
"Pemeriksaan varian barunya di laboratorium di Jakarta dan Labkesda. Jadi kami koordinasi dengan lab itu. Mereka juga selalu memantau. Iya (ada pengiriman sampel) tapi selektif," ungkapnya.
 
Sebagai informasi berdasarkan catatan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur per Senin, 21 November 2022, jumlah kasus covid-19 di Kota Malang ada sebanyak 31.585 kasus. Dari jumlah itu tercatat ada sejumlah 137 kasus aktif.
 
Sementara dari total keseluruhan jumlah kasus covid-19 itu, tercatat ada 30.178 pasien yang telah dinyatakan sembuh. Sedangkan, 1.270 pasien dilaporkan meninggal dunia akibat covid-19.
 
Jumlah kasus aktif covid-19 di Kota Malang saat ini menempati urutan ke-4 di Jawa Timur. Jumlah kasus aktif Kota Malang masih di bawah Kota Surabaya, Kabupaten Malang dan Kabupaten Sidoarjo.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news medcom.id
 

 
 
(DEN)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif