Bos ABU Tours Hamzah Mamba menjalai sidang perdana di Pengadilan Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu 19 September 2018. Medcom.id/Andi
Bos ABU Tours Hamzah Mamba menjalai sidang perdana di Pengadilan Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu 19 September 2018. Medcom.id/Andi

Bos ABU Tours Diteriaki Jemaah dan Agen di Sidang Perdana

Nasional penipuan ibadah umrah Abu Tours Travel
Andi Aan Pranata • 19 September 2018 13:02
Makassar: Direktur utama perusahaan travel umrah ABU Tours Hamzah Mamba menjalani sidang perdana kasus dugaan penipuan, penggelapan, serta pencucian uang jemaah, di Pengadilan Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu 19 September 2018. Sidang perdana digelar dengan agenda pembacaan dakwaan.
 
Sidang dipimpin ketua majelis hakim Lumban Tobing dimulai pukul 13.33 Wita di ruang sidang Purwoto Gandasibrata. Sidang ini disaksikan puluhan perwakilan agen dan jemaah ABU Tours yang mendatangi ruangan dan kawasan pengadilan sejak pagi hari.
 
Persidangan Hamzah Mamba diawali dengan keriuhan. Saat dia memasuki ruang sidang, para hadirin spontan berteriak. Mereka menyoraki Hamzah dengan beragam kalimat cacian.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Hukum seberat-beratnya!," kata salah satu hadirin.
 
Hamzah Mamba diajukan ke pengadilan dengan dakwaan merugikan 96.976 calon jemaah umrah dari 16 provinsi. Dia diduga menyelewengkan uang setoran umrah senilai Rp1,2 triliun lebih, karena tidak memberangkatkan jemaah.
 
Hamzah Mamba diajukan ke persidangan, usai dilimpahkan dari Polda Sulsel ke Kejaksaan Tinggi Sulsel. Dia dijerat dengan Pasal 372 KUHP tentang penggelapan, 378 KUHP tentang penipuan, serta Pasal 3 Undang-undang nomor 8 Tahun 2010 tentang pencucian uang.
 
Hingga berita dihimpun, majelis hakim masih membacakan berkas dakwaan. Hakim meminta hadirin di dalam ruangan agar tetap tenang.
 

(ALB)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif