Suasana ruang tunggu Pengadilan Negeri Makassar. Medcom.id/ANDI AAN PRANATA
Suasana ruang tunggu Pengadilan Negeri Makassar. Medcom.id/ANDI AAN PRANATA

Kasus ABU Tours Mulai Disidangkan Siang Ini

Nasional penipuan ibadah umrah Abu Tours Travel
Andi Aan Pranata • 19 September 2018 11:43
Makassar: Perkara dugaan penggelapan dan penipuan jemaah oleh perusahaan travel umrah ABU Tours memasuki agenda sidang perdana, Rabu, 19 September 2018. Sidang dengan terdakwa bos ABU Tours Hamzah Mamba rencananya digelar di Pengadilan Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, pukul 13.00 WITA.
 
Menurut informasi di PN Makassar, sidang bos ABU Tours bakal dipimpin Ketua Majelis Hakim Lumban Tobing. Sidang digelar di ruang sidang Purwoto Gandasubrata dengan agenda pembacan dakwaan.
 
Kepala Kejaksaan Negeri Makassar Dicky Rachmat Rahardjo mengatakan, pihaknya melalui tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) telah mempersiapkan berkas dakwaan. JPU dikoordinir oleh Jaksa Tabrani.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita sudah siapkan sekurang-kurang empat orang JPU," kata Dicky.
 
Hamzah Mamba diajukan ke persidangan, usai dilimpahkan dari Polda Sulsel ke Kejaksaan Tinggi Sulsel. Dia dijerat dengan Pasal 372 KUHP tentang penggelapan, 378 KUHP tentang penipuan, serta Pasal 3 Undang-undang nomor 8 Tahun 2010 tentang pencucian uang.
 
Hamzah Mamba dilaporkan ke polisi karena dianggap merugikan 96.976 jemaah umrah. Menurut Polda Sulsel, dia diduga menyelewengkan uang setoran senilai Rp1,2 triliun, sedangkan jemaah tidak diberangkatkan.
 
Sebelumnya Kepala Seksi Pidana Umum Kejaksaan Negeri Makassar Ulfadrian Mandalani mengatakan, satu tersangka lain segera menyusul ke persidangan. Dia adalah Muhammad Kasim, mantan direktur keuangan ABU Tours. Namun, tim jaksa masih merampungkan berkas perkara Kasim dan akan dilimpahkan ke pengadilan secara terpisah.
 
Dalam kasus ini Polda Sulsel menetapkan empat tersangka. Dua lainnya adalah Nursyariah, yakni istri Hamzah Mamba, serta seorang komisaris ABU Tours bernama Chaeruddin. Mereka masih ditahan di Polda, menunggu pelimpahan ke jaksa.
 


 

(SUR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif