Tumpahan sampah TPA Cipeucang di Kali Cisadane, Jumat 22 Mei 2020. Foto: Istimewa
Tumpahan sampah TPA Cipeucang di Kali Cisadane, Jumat 22 Mei 2020. Foto: Istimewa

Patahan Turap Dinding Landfill Penyebab Sampah Longsor

Nasional longsor sampah
Farhan Dwitama • 22 Mei 2020 18:41
Tangerang: Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang Selatan, Banten, menyebut, patahan turap pada dinding landfill Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipeucang merupakan penyebab sampah longsor. Tumpukan sampah kemudian tumpah ke aliran sungai Cisadane.
 
"Penyebabnya karena hujan beberapa hari dan air yang cukup deras keluar dari landfill sehingga mendorong sampah," terang Sekdis LH Kota Tangsel, Yepi Suherman, Jumat, 22 Mei 2020.
 
Menurut dia, sampah yang longsor di proyek landfill TPA Cipeucang, terjadi sekitar pukul 05.00 WIB pagi tadi. Turap pada landfill yang belum lama dibangun itu diperkirakan tak kuat menahan tampungan sampah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga:Sampah di TPA Cipeucang Tangsel Longsor ke Sungai Cisadane
 
"Karena kondisi luapan mata air yang keluar cukup deras. Air tidak ada celah untuk keluar dan tidak ada rongga, sehingga jebol," ucap Yepi.
 
Sebelumnya, tumpukan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipeucang, Kota Tangerang Selatan, Banten, longsor, pada Jumat, 22 Mei 2020. Material longsor menutupi badan Sungai Cisadane.
 
"Tadi pagi longsornya. Pastinya saat kejadian dan penyebabnya saya kurang tahu detailnya, coba tanya langsung ke Pak Kabid Persampahan," jelas Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang Selatan, Yepi Suherman, Jumat, 22 Mei 2020.
 

(MEL)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif