Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy meninjau Terminal 2 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang. Medcom.id/Hendrik Simorangkir
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy meninjau Terminal 2 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang. Medcom.id/Hendrik Simorangkir

Menko PMK Minta Bandara Soetta Jaga Physical Distancing

Nasional Virus Korona bandara soekarno-hatta bandara soetta
Hendrik Simorangkir • 17 Mei 2020 04:06
Tangerang: Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy meminta protokol kesehatan penanganan covid-19 (korona) tetap terjaga di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten. Ini menyusul penumpukan penumpang di bandara tersebut.
 
"Agar physical distancing terjaga dan prosedur pemeriksaan dokumen dijalankan ketat," kata Muhadjir di lokasi, Sabtu, 16 Mei 2020.
 
Muhadjir meninjau Terminal 2 Bandara Soetta yang sempat viral di media sosial akibat penumpukan penumpang. Dia melihat langsung proses yang harus dilalui penumpang rute domestik sebelum keberangkatan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Semua sudah berjalan dengan baik, saya berharap ini berlangsung terus ke depannya," ujar dia.
 
President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengungkapkan maskapai sudah membatasi penjualan tiket maksimal 50 persen dari total kapasitas kursi pesawat. Ini sesuai Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 18 Tahun 2020.
 
"Di Terminal 2 Soekarno-Hatta juga dilakukan pembatasan penerbangan menjadi hanya lima penerbangan per jam," beber Awaluddin.
 
(Baca: Penjelasan AP II Terkait Antrean di Terminal II Soetta)
 
Awaluddin menyebut pihaknya juga menerapkan kebijakan baru dalam proses keberangkatan. Calon penumpang harus melalui empat pos pemeriksaan (checkpoint) sebelum naik pesawat.
 
"Checkpoint I untuk melakukan verifikasi dokumen perjalanan, lalu checkpoint II pemeriksaan dokumen dan fisik terkait kesehatan, checkpoint III untuk validasi seluruh dokumen guna mendapat clearance dari KKP, lalu checkpoint IV ketika penumpang melakukan check in untuk mendapat boarding pass," papar dia.
 
Adapaun dokumen yang harus dibawa penumpang sesuai Surat Edaran Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Nomor 4 Tahun 2020 tentang Kriteria Pembatasan Perjalanan Orang dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19.
 
Bandara Internasional Soekarno-Hatta melayani 95 penerbangan rute domestik dan internasional pada Sabtu, 16 Mei 2020. Jadwal keberangkatan rute domestik sebanyak 20 keberangkatan dan 21 kedatangan. Maskapai yang beroperasi di Terminal 2 adalah Lion Air, Batik Air, Sriwijaya Air, NAM Air, dan Citilink.
 
Sementara, di Terminal 3 seluruh rute domestik dioperasikan Garuda Indonesia dengan 17 keberangkatan dan 18 kedatangan. Sedangkan, rute internasional dioperasikan berbagai maskapai dengan 10 keberangkatan dan 9 kedatangan.
 

(REN)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif