Gajah liar memasuki areal perkebunan warga di Kecamatan Sakti, Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh. (ANTARA/HO Camat Sakti)
Gajah liar memasuki areal perkebunan warga di Kecamatan Sakti, Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh. (ANTARA/HO Camat Sakti)

BKSDA Kirim Tim Mengatasi Gangguan Gajah Liar di Pidie Aceh

Antara • 17 Agustus 2022 07:53
Pidie: Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh menurunkan tim untuk membantu mengatasi gangguan kawanan gajah liar di wilayah Kabupaten Pidie. Tim akan menggiring gajah yang masuk ke perkebunan warga di Gampong Turue Cut, Kecamatan Mane, Kabupaten Pidie.
 
"Tim yang bertugas di lapangan sangat terbatas, jadi saat ini tim tersebut telah duluan kami arahkan untuk menggiring gajah yang masuk ke perkebunan warga di Gampong Turue Cut," kata Kepala Seksi Konservasi Wilayah I BKSDA Aceh Kamaruzzaman di Pidie, Selasa, 16 Agustus 2022.
 
Ia mengatakan BKSDA Aceh ????selanjutnya akan menggerakkan tim untuk membantu mengatasi gangguan gajah liar di wilayah Kunyet, Kecamatan Padangtiji, Kabupaten Pidie. Menurut dia, BKSDA Aceh telah menerima laporan dari camat mengenai gajah liar yang mendekati permukiman warga di daerah itu.
 
Baca: Gajah Liar di Kawasan Industri Minyak Riau Masuk Jalan

BKSDA Aceh harus mengatur pengerahan petugas karena jumlah personelnya terbatas sedangkan kasus gangguan gajah liar cenderung meningkat dari waktu ke waktu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


BKSDA Aceh sudah mengirimkan personel yang menetap di Kecamatan Lamlo dan CRU Kecamatan Mila untuk membantu mengatasi gangguan gajah liar serta bekerja sama dengan mitra dan warga untuk menggiring gajah liar yang masuk ke wilayah Tiro, Beungga, dan Mane.
 
Kamaruzzaman mengemukakan kerusakan habitat telah mendorong kawanan gajah liar masuk ke perkebunan dan area permukiman warga. Dia mengimbau masyarakat ikut menjaga hutan dan habitat satwa liar agar satwa-satwa liar tidak keluar dari habitat mereka.
 
"Jalur yang biasanya ditempuh hewan tersebut kini tidak lagi sama karena sudah berubah fungsi akibat ulah masyarakat," katanya.
 

 
(WHS)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif