UMKM Sekitar Bandara Soetta Dikucuri Rp1,4 Miliar. Foto: dok MI.
UMKM Sekitar Bandara Soetta Dikucuri Rp1,4 Miliar. Foto: dok MI.

Stok Vaksin Meningitis di Bandara Soetta Langka

Hendrik Simorangkir • 27 September 2022 19:09
Tangerang: Stok vaksin meningitis untuk jemaah calon umrah di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, langka. Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Bandara Soekarno-Hatta terpaksa memberhentikan pelayanan terhadap permintaan vaksin tersebut.
 
"Jadi di Bandara Soekarno-Hatta, sejak 22 September sudah ditutup, soalnya vaksinnya habis. Terus kami berusaha minta realokasi kemana-mana, nanti kalau sudah ada (vaksin meningitis) kami buka lagi," kata Kepala KKP Kelas I Soekarno-Hatta, Naning Nugrahini, Selasa, 27 September 2022.
 
Baca: Pandemi Covid-19 Terkendali, Lalu Lintas Penerbangan Mulai Bangkit

Naning menuturkan pihaknya tengah meminta stok vaksin meningitis kepada Dinas Kesehatan Kota dan Kabupaten Tangerang. Nantinya kata Naning bila sudah ada vaksin yang terkumpul, pihaknya akan membuka kembali untuk calon jemaah umrah secara terbatas.
 
"Misal kita sudah terkumpul ada 200 vial, nanti kita akan buka satu sampai dua hari, tergantung stok yang ada. Tapi tentu terbatas dan ada syarat khusus untuk penerimanya supaya tepat sasaran," jelasnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Naning menambahkan bila sudah ada stok vaksin darurat, salah satu syarat penerima adalah calon jemaah umrah yang 14 hari lagi berangkat ditunjukan dengan tiket pesawat terbang. Kemudian, lanjutnya, harus mendaftar secara online terlebih dahulu.
 
"Karena kalau tidak diatur, khawatir yang segera akan berangkat malah enggak dapat vaksin karena terlebih dahulu diambil yang berangkatnya pada Desember. Karena paling enggak vaksin efektif itu peraturan Indonesia 14 hari sebelum keberangkatan," ungkapnya.
 
Naning memprediksi jika stok vaksin tersebut akan tersedia di Bandara Soekarno-Hatta pada Oktober 2022.
 
"Setahu saya, akan datang vaksin meningitis yang dibeli oleh Kemenkes (Kementerian Kesehatan) sekitar Oktober. Kemungkinan di bulan itu pun kita dikirimkan," ujarnya.
 
(DEN)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif