Yayasan Dana Sejahtera Mandiri (Damandiri) yang memberdayakan masyarakat Desa Dieng Kulon, Banjarnegara, Jawa Tengah, Senin, 29 April 2019. Dok: Istimewa.
Yayasan Dana Sejahtera Mandiri (Damandiri) yang memberdayakan masyarakat Desa Dieng Kulon, Banjarnegara, Jawa Tengah, Senin, 29 April 2019. Dok: Istimewa.

Kementerian Desa Apresiasi Inisiatif Yayasan Damandiri

Nasional kementerian desa
29 April 2019 15:03
Jakarta: Direktur Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Taufik Madjid mengapresiasi Yayasan Dana Sejahtera Mandiri (Damandiri) yang memberdayakan masyarakat Desa Dieng Kulon, Banjarnegara, Jawa Tengah. Pengentasan kemiskinan akan semakin cepat apabila dilakukan pemerintah bersama masyarakat.
 
"Pemerintah menyambut baik inisiatif swasta maupun lembaga masyarakat yang ikut membangun desa. Memang pemerintah sudah mengalokasikan anggaran Rp1 miliar per desa, tetapi kalau ada kontribusi tambahan yang diberikan masyarakat, tentu akan lebih baik," kata Taufik, Senin, 29 April 2019.
 
Taufik menjelaskan, bantuan yang diberikan Yayasan Damandiri ditujukan untuk mendukung pariwisata Desa Dieng Kulon. Desa yang memiliki Candi Arjuna setiap tahun dikunjungi sekitar 565 ribu wisatawan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Ketua Dewan Pembina Yayasan Damandiri Mohamad Bob Hasan, pihaknya akan bekerja sama dengan masyarakat desa membangun taman bunga. Selain itu akan didirikan koperasi yang akan menjual berbagai kebutuhan masyarakat dan wisatawan.
 
"Kami akan mengembangkan seperti yang sudah dilakukan di Selo, Boyolali. Kami akan melengkapi hal yang bisa mendukung pariwisata Desa Dieng Kulon," kata Ketua Yayasan Damandiri Subiakto Tjakrawerdaya.
 
Sementara Lurah Dieng Kulon Slamet Subianto mengatakan, desa seluas 173 hektar dihuni sekitar 3.100 penduduk. Sekitar 20 persen tergolong miskin, sehingga dibutuhkan adanya kegiatan untuk pemberdayaan mereka.
 
Desa Dieng Kulon menyediakan lahan sekitar 3.000 m2 untuk dijadikan kebun bunga. Kebanyakan warga hidup dari pariwisata dan pertanian.
 
Dalam acara di Dieng Kulon diberikan beasiswa bagi 10 pelajar untuk melanjutkan pendidikan di sekolah menengah kejuruan dan Universitas Pamulang. Bantuan juga diberikan kepada kelompok masyarakat miskin yang lantai rumahnya masih terbuat dari tanah.
 
Sementara itu untuk Kelompok Ibu-ibu Tabur Puja diberikan bantuan modal masing-masing sebesar Rp200 juta. Yayasan Damandiri menyediakan bantuan sampai Rp 3 miliar kepada kelompok yang mempunyai kegiatan produksi.
 
Yayasan Damandiri yang didirikan Presiden Soeharto bertujuan untuk mengentaskan kelompok masyarakat miskin. Hanya saja pemberian bantuan tidak dalam bentuk charity, tetapi kegiatan produktif masyarakat.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif