Ilsutrasi. Foto: MI/Arya Manggala.
Ilsutrasi. Foto: MI/Arya Manggala.

Makassar Terapkan Tilang Elektronik

Nasional tilang elektronik
Lina Herlina • 26 Desember 2018 14:44
Makassar: Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan meluncurkan electronic traffic law enforcement (ETLE) di Markas Kepolisian Resort Kota Besar (Polrestabes) Makassar, Rabu 26 Desember 2018, bersama Pemerintah Kota Makassar, ditandai dengan penekanan tombol sirine.
 
Peluncuran diawali dengan menandatangani MoU penerapan penindakan pelanggaran lalu lintas melalui bukti elektronik atau tilang kamera, antara Direktur Ditlantas Polda Sulsel Kombes Agus Wijayanto, dengan Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan 'Danny' Pomanto.
 
Danny Pomanto sangat mengapresiasi inovasi Kapolda Sulawesi Selatan Irjen Umar Septono itu, dan mengaku siap memberi support maksimal. "Kita mulai dulu. Walau sekarang baru 15 kamera. Saya akan fokuskan anggaran kamera," jelasnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


15 titik yang terpantau kamera CCTV tilang tersebut, saat ini, yakni simpang lima bandara, simpan empat Daya, Telkomas, bawah Fly Over, atas Fly Over, Jalan Lanto Dg Pasewang-Ratulangi, Rujab Gubernur Jalan Sudirman. Kemudian, Jalan Sudirman- Jalan Kartini, Jalan Haji Bau-Ratulangi, Abd Dg Sirua- SMA 5, dan Jalan Kerung kerung- Jalan Veteran.
 
Selanjutnya, Jalan Masjid Raya-Jalan Bandang, Jalan Andalas-Jalan Tentara Pelajar, Jalan Haji Bau- Jalan Penghibur dan Jalan Bawakaraeng-Jalan Latimojong.
 
Termasuk juga di Jalan Bawakaraeng- Jalan Veteran, Jalan Latimojong-Sungai Saddang, Jalan Tentara pelajar-Wahidin, Jalan Toddopuli-Anggrek, depan Polrestabes Makassar, Teras Balaikota, Roof Top Hotel Sahid Jalan Ratulangi, Jalan Adyaksa-Pengayoman dan Monumen mandala.
 
Kata Danny, itu semua untuk membantu kepolisian. Karena tilang kamera ini memberi dampak banyak. Bukan hanya pelanggaran lalu lintas, tapi kriminalitas juga menjadi bagian yang sangat penting, karena orang akan takut (berbuat kriminal) jika di setiap perempatan pasti mukanya terekam.
 
Ia juga mengaku, akan terus memberi dukungan maksimal. Bahkan tahun depan akan menambah 100 unit kamera untuk 100 titik. Uji coba tilang elektronik sudah diberlakukan sejak 18 Desember lalu.
 

(ALB)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif