Antrean check in di bandara YIA. Medcom.id/mustaqim
Antrean check in di bandara YIA. Medcom.id/mustaqim

Puncak Arus Balik, Penumpang di Bandara YIA Lampaui 10 Ribu Orang Sehari

Nasional Penerbangan hari raya idul fitri arus balik Bandara Yogyakarta International Airport Lebaran 2022 Info Mudik
Ahmad Mustaqim • 08 Mei 2022 06:57
Kulon Progo: Otoritas Bandara Internasional Yogyakarta atau Yogyakarta International Airport (YIA) Kulon Progo mencatat jumlah penumpang pada H+5 lebaran 2022 di atas 10 ribu orang sehari. Jumlah pengguna jasa penerbangan tujuan dan dari YIA diperkirakan lebih banyak pada Minggu, 8 Mei 2022. 
 
"Sabtu dan Minggu kami prediksi jadi puncak arus balik. Jumlah penumpang (pada Minggu) bisa lebih tinggi," ujar Airport Operation Center Head (AOCH), Budi Wiyono di Kulon Progo, Sabtu, 7 Mei 2022. 
 
Budi menjelaskan jumlah penumpang di YIA, baik yang berangkat maupun tiba sebanyak 10.639. Rincian dari jumlah tersebut yakni 4.650 kedatangan dan 5.985 keberangkatan. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia mengatakan dominasi tujuan penerbangan ke Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng. Ia menyebut hampir setengah dari total jumlah penerbangan merupakan tujuan bandara tersebut. 
 
Baca juga: Ratusan Penumpang Tujuan Jakarta Telantar di Terminal Kudus
 
"Kedatangan dari Cengkareng ada 16, keberangkatan 15," ujarnya. 
 
Budi mengungkapkan jumlah penumpang diperkirakan meningkat pada Minggu, 8 Mei. Ia berharap calon penumpang bisa tiba tepat waktu agar tidak tertinggal jadwal penerbangan
 
"Perjalanan dari Kota Jogja ke YIA jauh. Jangan sampai terhalang kemacetan di situasi Yogyakarta saat ini dan kemudian untuk menghindari antrean juga," kata dia. 
 
Ia menambahkan antrean check in di bandara bisa memakan waktu di musim liburan saat ini. Menurut dia, calon penumpang lebih baik memiliki waktu longgar agar menghindari keterlambatan. 
 
"Kani tiap hari mengukur level of servicenya. Pas situasi kaya gini (durasi check in di counter) kurang lebih sekitar 30 menitan," jelasnya. 

 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif