Ilustrasi. (Foto: Medcom.id)
Ilustrasi. (Foto: Medcom.id)

10 Kecamatan di OKU Rawan Banjir dan Longsor

Nasional banjir longsor tanah longsor bencana alam bencana banjir
Antara • 11 Januari 2021 06:57
Baturaja: Badan Penanggulangan Bencana Daerah(BPBD) Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatra Selatan, mencatat 10 kecamatan di wilayah itu rawan banjir dan tanah longsor saat musim hujan.
 
Kepala BPBD Ogan Komering Ulu, Amzar Kristopa, mengatakan daerah rawan banjir, meliputi Kecamatan Ulu Ogan, Muara Jaya, Semidang Aji, Baturaja Barat, Baturaja Timur, Lubuk Batang, Peninjauan, Kedaton Peninjauan Raya, Sosoh Buay Rayap, dan Lengkiti.
 
Kemudian daerah rawan tanah longsor, yaitu Kecamatan Ulu Ogan, Muara Jaya, Pengandonan, dan sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) Ogan di Kabupaten Ogan Komering Ulu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Musim hujan ini dipengaruhi fenomena La Nina yang membuat curah hujan lebih sering terjadi dan berlangsung dalam waktu lama sehingga berpotensi bencana alam, seperti banjir dan tanah longsor," ujarnya melansir Antara, Minggu, 10 Januari 2021.
 
Baca juga:  27 Orang Dilaporkan Hilang dalam Longsor Sumedang
 
Apalagi, kata dia, puncak musim hujan yang diprediksi terjadi pada akhir Januari 2021 berpotensi menimbulkan banjir dan tanah longsor, khususnya di daerah rawan bencana tersebut.
 
Oleh sebab itu, masyarakat yang bermukim di daerah rawan bencana diminta meningkatkan kewaspadaan menghadapi bencana agar tidak ada korban jiwa.
 
Pihaknya juga rutin memantau perkembangan cuaca melalui aplikasi BMKG, BNPB, dan satelit luar negeri lainnya.
 
"Termasuk kami juga sudah menyiapkan personel dan peralatan penanggulangan bencana alam," kata dia.

 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif