Longsor di wilayah Kabupaten Bener Meriah, Aceh. Foto: Dokumentasi BPBA.
Longsor di wilayah Kabupaten Bener Meriah, Aceh. Foto: Dokumentasi BPBA.

Material Longsor Adang Kendaraan di Bener Meriah dan Gayo Lues

Nasional hujan longsor tanah longsor bencana longsor
Fajri Fatmawati • 05 Januari 2021 13:50
Banda Aceh: Hujan yang melanda Desa Suka Jadi, Kecamatan Weh Pesam, Kabupaten Bener Meriah, Aceh, mengakibatkan longsor, pada Selasa, 5 Januari 2021, pukul 03.00 WIB. Material longsor menutupi badan jalan dan sempat mengadang kendaraan yang melintas.
 
"Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Namun, longsor mengakibatkan badan jalan di daerah Desa Suka Jadi tertutup longsor sehingga sempat tidak bisa dilewati," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Sunawardi, Selasa, 5 Januari 2021.
 
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bener Meriah telah melakukan penanganan di lokasi badan jalan untuk pembersihan tanah longsor. Yakni dengan menurunkan satu unit alat berat ekskavator.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pembersihan timbunan tanah longsor yang menutupi badan jalan itu turut dibantu pula oleh TNI dan Polri setempat. Kini proses pembersihan badan jalan akibat longsor masih berlangsung," ujarnya.
 
Baca: Empat Orang Tertimbun Longsor di Lembang Bandung Barat
 
Sementara itu, longsor juga terjadi di wilayah Desa Pulo Gelime, Kecamatan Teripe Jaya, Kabupaten Gayo Lues, Aceh, pukul 05.20 WIB, pada Minggu, 3 Januari 2021. Longsor pun dipicu curah hujan yang tinggi di Kabupaten Gayo Lues.
 
“Sehingga mengakibatkan longsor di jalan lintas antara, Kecamatan Terangon dan Kecamatan Teripe Jaya," ucap Sunawardi.
 
Dia menuturkan, longsor mengakibatkan dampak material yakni, jalan tertimbun longsor setinggi 2,5 meter sepanjang 15 meter. Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gayo Lues telah melakukan pembersihan.
 
"Tidak ada korban terdampak dan korban jiwa dalam bencana ini. Untuk kondisi terakhir saat ini jalan telah dapat dilalui kendaraan bermotor kembali," jelasnya.
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif