Warga Pulau saat demo di Dispendukcapil Sumenep – Medcom.id / Rahmatullah
Warga Pulau saat demo di Dispendukcapil Sumenep – Medcom.id / Rahmatullah

Warga Pulau Sumenep Tuntut Kemudahan Pembuatan Dokumen Kependudukan

Nasional e-ktp
Rahmatullah • 11 Oktober 2019 17:12
Sumenep: Sejumlah pemuda kepulauan Sumenep, Jawa Timur, menggelar aksi di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) setempat, Jumat, 11 Oktober 2019. Mereka menuntut kemudahan pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el), Kartu Keluarga (KK), dan Akta Kelahiran.
 
Versi mereka, pelayanan pembuatan dokumen di kepulauan berbanding terbalik dengan di daratan, karena untuk mendapatkan dokumen penting itu sangat sulit. Mereka bahkan merasa dimarginalkan dalam memperoleh pelayanan tersebut.
 
Koordinator aksi, Akhamad Safi, menuntut pemerintah segera menganggarkan belanja pengadaan sarana dan prasarana pembuatan KTP-el, KK, dan Akta Kelahiran untuk tahun mendatang. Menurut dia, hanya itulah solusi atas persoalan yang membelit warga pulau itu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Harus ada anggaran untuk pengadaan sarpras pembuatan dokumen itu,” kata Safi.
 
Dia menuding pelayanan Dispendukcapil Sumenep tidak berpihak kepada masyarakat kepulauan. Meski sudah ada kerja sama dengan PT Pos dalam pendistribusian dokumen tersebut, tetap tidak ada dampak, karena warga pulau tetap harus memarani sendiri dokumen tersebut.
 
Pelaksana Tugas (Plt) Dispendukcapil Sumenep, A. Basid, saat menemui massa berjanji akan menindaklanjuti tuntutan warga pulau tersebut. Ia menegaskan semuanya harus berdasarkan perencanaan. Setelah itu baru melaksanakan semua rencana tersebut.
 
“Semua harus terencana,” ujarnya.
 

(ALB)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif