NEWSTICKER
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, (kanan), MI/Ramdani.
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, (kanan), MI/Ramdani.

Ganjar Dukung Wacana PNS Boleh Kerja di Rumah

Nasional PNS Kerja di Rumah
Mustholih • 12 Agustus 2019 17:07
Semarang: Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mendukung rencana Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi mendesain sistem Pegawai Negeri Sipil (PNS) bisa bekerja di rumah. Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, menilai langkah Pemerintah Pusat tersebut merupakan terobosan yang harus didukung.
 
"Saya sih setuju saja. Itu bagus kok kalau pekerjaan bisa dikerjakan di mana pun itu jauh lebih baik. Saya kira terobosan bagus," kata Ganjar di Semarang, Jawa Tengah, Senin, 12 Agustus 2019.
 
Ganjar menjelaskan sebelum sistem itu diberlakukan, Pemerintah Pusat harus merevisi regulasi tentang kepegawaian. Menurut Ganjar, Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik bisa diperluas menjadi sistem kerja bagi PNS di Pemerintah-pemerintah Daerah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami mendukung. Namun nampaknya regulasi kita mesti disesuaikan dengan perkembangan zaman. UU ITE bisa di-esktend menjadi sistem kerja yang diadopsi dalam fungsi-fungsi kerja Pemda," jelas Ganjar.
 
Ganjar berujar tidak semua PNS harus bekerja di dalam kantor. Misalnya, pegawai penyuluh atau perawat jalan bisa langsung bekerja di lapangan. "Pekerja sifatnya lebih praktis misalnya penyuluh pertanian ngapain ngantor. Kantornya ya di pertanian di sawah. Perawatan jalan bisa langsung bekerja," ungkap Ganjar.
 
Ganjar kembali mengatakan sebagian PNS di wilayahnya sudah bisa bekerja tanpa harus pergi ke kantor. Pemerintah Provinsi disebut Ganjar sudah menerapkan sistem kerja yang mampu memantau PNS yang tidak bekerja di kantor.
 
"Di Pemprov Jateng Saya ikhlaskan kok tidak menggunakan harus finger print data. Sudah dibuat kalau bekerja langsung keluar. Daftar presensi, tempelkan koding menggunakan handphone," beber Ganjar.
 
Ganjar menyatakan bekerja di luar kantor sebenarnya sudah banyak diterapkan di perusahaan-perusahaan swasta. Meski begitu, Ganjar menilai ada tantangan yang harus diperhatikan bagi Pemerintah yang membolehkan ASN bekerja di luar kantor. Yakni, bagaimana Pemerintah mengontrol mereka.
 
"Tantangannya disiplin dan awal-awal butuh kontrol yang baik, butuh SOP secara digital," pungkas Ganjar.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif