Pesepeda gowes bareng saat uji coba Malioboro bebas kendaraan. (Foto: Medcom.id/Patricia Vicka)
Pesepeda gowes bareng saat uji coba Malioboro bebas kendaraan. (Foto: Medcom.id/Patricia Vicka)

Malioboro Yogyakarta Bebas Kendaraan

Nasional bebas kendaraan pribadi
Patricia Vicka • 07 Februari 2020 12:47
Yogyakarta: Kawasan Malioboro, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), hari ini, Jumat, 7 Februari 2020, bebas kendaraan. Momen ini dimanfaatkan komunitas sepeda untuk gowes bareng.
 
Sejumlah pesepeda dari berbagai komunitas memenuhi kawasan Malioboro sejak pukul 09.00 WIB. Salah satu pesepeda, Winarto, senang bisa leluasa bersepeda di salah satu ikon wisata DIY.
 
"Saya tadi gowes dari kantor, kebetulan tiap Jumat tempat kami bekerja ada gowes sehat," tutur pria asal Klaten itu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Winarto mengaku sangat menikmati suasana Malioboro yang tak lagi disesaki kendaraan. Pada hari-hari sebelumnya, jalur legendaris ini kerap macet akibat lalu lintas kendaraan bermotor.
 
"Malioboro jadi lebih sejuk dan segar. Saya jadi bisa benar-benar menikmati suasana asri Malioboro," ungkapnya.
 
Warga lain, Eri Trianto, mengungkapkan hal serupa. Ia merasa lebih bebas bersepeda tanpa khawatir tersenggol kendaraan. Namun, ia beberapa kali melihat pengendara motor masih nekat melintasi Malioboro.
 
Pria asal Magelang ini berharap pemerintah lebih ketat dan tegas pada pengendara yang membandel. "Malioboro bebas kendaraan kalau perlu tiap akhir pekan kendaraan pribadi dilarang masuk," ucap dia.
 
Selain bersepeda, pengunjung Malioboro juga tampak berjalan-jalan santai di pedestrian. Ada pula yang memanfaatkan andong dan becak untuk menikmati momen ketika Malioboro bebas polusi asap buang kendaraan.
 
Uji coba Malioboro bebas kendaraan akan berlangsung hingga pukul 21.00 wib. Selama uji coba, hanya kendaraan umum seperti Trans Jogja, mobil patroli polisi, mobil penyiram tanaman, dan mobil Dishub yang diperbolehkan melintas.
 
Di sisi lain, pemilik kendaraan tradisional seperti andong dan becak masih diizinkan menarik penumpang dari kawasan ini. Program uji coba dilakukan untuk persiapan Malioboro sebagai kawasan semi pedestrian.
 

 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif