NEWSTICKER
Ilustrasi (MI/BENNY BASTIANDY)
Ilustrasi (MI/BENNY BASTIANDY)

Harga Bawang Putih di Cianjur Rp70 Ribu/Kg

Nasional Bawang Putih Impor Bawang Putih
Benny Bastiandi • 10 Februari 2020 15:38
Cianjur: Harga bawang putih di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, melonjak. Saat ini harga rata-rata tembus di kisaran Rp70 ribu per kilogram (kg), dari sebelummya Rp30 ribu-Rp40 ribu per kg.
 
Kepala Bidang Perdagangan Dinas Koperasi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (KUKM) Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Cianjur Nana Rukmana mengatakan hasil pantauan langsung ke lapangan dan laporan para pedagang, harga komoditas bawang putih naik cukup signifikan. Dia menduga minimnya pasokan menjadi sebab naiknya harga.
 
"Akibatnya, sebagian para pedagang tidak berani menjual komoditas tersebut ke konsumen. Jadi, karena kurangnya pasokan, harga jadi terkoreksi naik," terang Nana kepada Media Indonesia, Senin, 10 Februari 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Penaikan harga bawang putih berlangsung secara bertahap. Mulanya, kata Nana, harga normal bawang putih rata-rata berkisar Rp30 ribu per kilogram. Sementara kini, kisaran harga bawang putih menyentuh Rp70 ribu per kg.
 
Sejauh ini komoditas bawang putih banyak dipasok dari para petani lokal di wilayah Cianjur. Terbanyak dipasok dari Pasar Induk Caringin Bandung.
 
"Kalau dari impor, berdasarkan informasi yang masuk tidak ada. Jadi, semua komoditas bawang putih yang beredar di Cianjur produk lokal," tegasnya.
 
Pihaknya terus memantau perkembangan di lapangan dan berkoordinasi dengan elemen terkait. Dia mengaku pantauan dilakukan agar tidak ada oknum spekulan yang berupaya memanfaatkan situasi.
 
"Pemantauan perkembangan di lapangan terus kami intensifkan untuk menjaga agar harga tidak semakin tak terkendali karena dikhawatirkan dimanfaatkan spekulan. Hingga saat ini tidak ada riak-riak gejolak di masyarakat akibat naiknya harga bawang putih. Mudah-mudahan tidak ada," tandasnya.
 
Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pasar Cipanas, Heru Haerul Hakim, menambahkan harga bawang putih di Pasar Cipanas terpantau melonjak. Naiknya harga terjadi sejak Selasa, 4 Februari 2020.
 
"Awalnya harga berada di kisaran Rp35 ribu, lalu naik jadi Rp50 ribu. Kemudian pada 5 Februari naik lagi dari Rp50 ribu menjadi Rp60 ribu. Sejak 6 Februari sampai sekarang harganya terus bertahan di kisaran Rp60 ribu. Stok juga terus berkurang," terang Heru kepada Media Indonesia, Senin, 10 Februari 2020.
 
Heru mengaku terus memantau perkembangan pergerakan harga bawang putih. Ia terus melaporkan hasil pemantauan di lapangan ke Dinas KUKM Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Cianjur.
 
"Naiknya harga bawang putih diperkirakan lebih dipicu faktor cuaca. Mungkin banyak yang gagal panen sehingga pasokan dan persediaan terus berkurang," tandasnya.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif