Seekor paus pilot terdampar dan mati di pesisir pantai Sabu Raijua. (Foto: Antara/Istimewa)
Seekor paus pilot terdampar dan mati di pesisir pantai Sabu Raijua. (Foto: Antara/Istimewa)

Belasan Ekor Paus Pilot Terdampar di Pantai Sabu Raijua

Nasional paus terdampar satwa langka
Antara • 30 Juli 2020 14:54
Kupang: Sebanyak 11 ekor paus jenis pilot atau dikenal dengan sebutan Short-Finned Pilot Whale, ditemukan terdampar di pantai Lie Jaka, Kelurahan Ledeunu, Kecamatan Raijua, Kabupaten Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur, Kamis, 30 Juli 2020.
 
"Berdasarkan hasil pemantauan visual menunjukkan bahwa sejumlah paus berjenis paus pilot," kata Kepala Balai Kawasan Konservasi Perairan Nasional (BKKPN) Kupang, Ikram Sangadji.
 
Ikram mengatakan dari 11 ekor paus pilot yang terdampar, 10 ekor di antaranya mati. Sedangkan satu ekor lagi berhasil diselamatkan warga dan nelayan setempat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menjelaskan, ukuran paus diperkirakan berkisar antara 2-7 meter. Dari 10 ekor yang mati, ada satu ekor paus berukuran paling besar dan diduga merupakan pimpinan kawanan.
 
Baca juga:Ajudan Gubernur Kepri Positif Terjangkit Covid-19
 
Paus pilot, kata Ikram, merupakan satwa yang bergerak secara berkelompok. Sehingga ada kemungkinan jumlah paus yang terdampar akan terus bertambah.
 
"Penanganan sekarang sedang dilakukan penggalian lubang kubur oleh warga dan bangkai diamankan dengan cara diikat agar tidak kembali hanyut," tutur dia.
 
Terkait banyaknya mamalia laut yang kerap terdampar di perairan NTT, Ikram menjelaskan hal itu karena pergerakan paus mengikuti arus yang membawa plankton-plankton ke wilayah pesisir.
 
"Karena keasyikan makan akhirnya mereka tak sadar air laut makin surut, sehingga susah untuk kembali lagi ke laut yang dalam. Belum lagi karena banyaknya luka akibat tergores karang saat berusaha kembali ke laut yang dalam," jelas dia.

 

(MEL)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif