3 Boks vaksin PMK berisi 8000 dosis tiba di Ponorogo (Foto / Metro TV)
3 Boks vaksin PMK berisi 8000 dosis tiba di Ponorogo (Foto / Metro TV)

8.000 Dosis Vaksin PMK Tiba di Ponorogo

Clicks.id • 25 Juni 2022 10:55
Ponorogo: Sebanyak 8.000 vaksin penyakit mulut dan kuku (PMK) yang diimpor dari Perancis, tiba di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur. rencananya, sebanyak 7.000 dosis disuntikkan untuk sapi perah sebanyak dan 1.000 dosis untuk sapi potong.
 
"Jumlah peruntukan penyuntikan vaksin itu sesuai arahan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim," terang Kepala Bidang Peternakan Dispertahkan Ponoroho, Siti Barokah, Sabtu, 25 Juni 2022.
 
Ia mengungkapkan, tim dari Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan (Dispertahankan) Ponorogo mengambil sendiri vaksin tersebut ke Surabaya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Vaksin 8.000 dosis itu berada di 80 botol dengan ukuran 200 mililiter. Untuk satu botol itu dapat disuntikkan kepada 100 sapi. Sehingga satu mendapatkan dosis 2 mililiter.
 
Baca juga: Sapi Kurban Presiden Disalurkan ke Wilayah Terdampak Bencana di Sumbar 

 
"Jeda penyuntikan kapan, masih menunggu dari provinsi, sampai sekarang masih berubah-ubah karena ketersediaan vaksin. Kan ini baru 800 ribu dan 40 persennya untuk Jatim,” terang Siti Barokah.
 
Penyuntikan vaksin akan dilakukan secepatnya. Seperti vaksinasi covid-19, vaksin PMK diperuntukkan 
Untuk saat ini penyuntikan vaksin diprioritaskan bagi sapi perah di Kecamatan Pudak, yang menjadi wilayah terdampak PMK paling banyak.
 
"Syarat vaksinasi ya seperti covid-19, sapinya harus sehat juga. Namun ini diprioritaskan untuk sapi perah di Kecamatan Pudak," jelasnya. 
 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif