ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

Program Jokowi Dipercaya Lahirkan Generasi Melek Teknologi

Deny Irwanto • 17 Januari 2022 17:16
Malang: Berbagai program Presiden Joko Widodo dibuat untuk memningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) guna menghadapi persaingan global. Salah satu sasaran Presiden Jokowi ialah mahasiswa di perguruan tinggi.
 
Rektor Universitas Muhammadiyah Malang, Fauzan, mengatakan kekuatan SDM menjadi modal utama untuk menghadapi kompetisi global. Presiden Jokowi melalui Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka melakukan revolusi sistem Pendidikan dengan memberikan kebebasan kepada mahasiswa mendalami minat dan bakat yang dimiliki termasuk di dunia digital.
 
"Kebijakan Pak Jokowi sudah sangat tepat dalam rangka mengantisipasi (persoalan) Indonesia ke depan," kata Fauzan dalam keterangan pers, Senin, 17 Januari 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Pemkot Solo Dapat Pinjaman Vaksin untuk Booster
 
Fauzan menjelaskan persoalan Indonesia ke depan ialah memenangkan persaingan dengan semua potensi yang ada. Kuncinya menurut dia yakni menumbuhkan kreativitas anak muda melalui Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka yang produktif.
 
Menurutnya perguruan tinggi mengontrol dan mengarahkan mereka sesuai apa yang mereka ingin. Nantinya SDM unggul akan bermunculan sesuai kebutuhan zaman.
 
"Saya kira berbagai upaya telah dilakukan (Jokowi) karena saya juga berkecimpung di dunia pendidikan tentu saja Merdeka Belajar menjadi tonggak dalam pengembangan SDM," jelas Fauzan.
 
Fauzan meyakino program Jokowi ini akan sukses mengantarkan visinya menuju Indonesia Emas 2045. Sebab jika visi besar Indonesia itu tidak akan terwujud tanpa SDM yang berkualitas.
 
"Konsekuensi-konsekuensi logis dari merdeka belajar saya kira sangat strategis untuk meningkatkan kualitas SDM," ujar Fauzan.
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif