ilustrasi/Medcom.id
ilustrasi/Medcom.id

BPBD Flores Timur Siagakan Tangki Air Selama Kemarau

Nasional kemarau kemarau dan kekeringan Flores Timur Kekeringan Lahan
Antara • 13 Mei 2022 07:16
Flores: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur, menyiagakan mobil tanki untuk memasok kebutuhan air bersih bagi masyarakat setempat selama musim kemarau 2022.
 
"Setiap tahun kami selalu menyediakan mobil tangki untuk memasok kebutuhan air bersih, meskipun cuma satu unit tetapi terus beroperasi," kata Kepala BPBD Kabupaten Flores Timur Alfons Hada Betan di Kupang, Kamis, 12 Mei 2022.
 
Ia mengatakan hal itu berkaitan dengan upaya pemerintah Kabupaten Flores Timur mengantisipasi kekurangan air bersih di masyarakat selama musim kemarau 2022. Wilayah Flores Timur sudah memasuki musim kemarau berdasarkan laporan analisis zona musim (zom) Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Musim kemarau mencakup Flores Timur bagian barat daya. Selain itu, zom 248 Flores Timur mencakup bagian barat laut, zom 249 mencakup Flores Timur bagian utara, zom 250 mencakup Adonara, Solor.
 
Baca: Masyarakat Diajak Ciptakan Ekosistem Pertanian di Desa Pana NTT
 
Alfons menjelaskan masalah kekeringan akibat kemarau di Flores Timur selalu ada setiap tahun. Namun, dampaknya tidak separah daerah lain. Meski demikian, BPBD tetap menyediakan mobil tangki yang dioperasikan untuk mengatasi keluhan atau permintaan air bersih dari masyarakat.
 
"Saat ini mobil tangki kami masih dikerahkan membantu kelancaran kegiatan pihak Kodim 1624 Flores Timur dan setelahnya akan dioperasikan seperti biasa," ujar dia.
 
Pemerintah daerah, kata Alfons, telah menyalurkan bantuan tandon air untuk wilayah yang dianggap kesulitan air bersih sehingga bisa dimanfaatkan untuk menampung air untuk kebutuhan saat kemarau. Alfons menambahkan pihaknya juga selalu mengimbau masyarakat untuk menghemat penggunaan air bersih agar kebutuhan tetap terpenuhi selama kemarau.
 
(NUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif