Sebanyak 18 SPBU di Kota Yogyakarta akan memberlakukan pemakaian aplikasi MyPertamina untuk pembelian BBM.
Sebanyak 18 SPBU di Kota Yogyakarta akan memberlakukan pemakaian aplikasi MyPertamina untuk pembelian BBM.

18 SPBU di Kota Yogyakarta Syaratkan Beli BBM Pakai MyPertamina

Ahmad Mustaqim • 30 Juni 2022 08:55
Yogyakarta: Sebanyak 18 SPBU di Kota Yogyakarta akan memberlakukan pemakaian aplikasi MyPertamina untuk pembelian BBM. Rencana itu akan diberlakukan 1 Juli 2022.  
 
Area Manager Communication, Relations, and Corporate Social Responsibility (CSR) Regional Jawa Bagian Tengah PT Pertamina Patra Niaga, Brasto Galih Nugroho, menjelaskan pemberlakuan penggunaan aplikasi MyPertamina untuk membeli BBM berlaku jenis pertalite dan solar. Uji coba ini akan diberlakukan untuk kendaraan bermotor roda empat.
 
"Kebijakan ini sebenarnya hanya untuk mobil atau roda empat, sedangkan kendaraan roda dua tidak," kata Galih di Yogyakarta, Rabu, 29 Juni 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia mengatakan sebagian masyarakat masih banyak salah tangkap informasi atas informasi uji coba pemakaian MyPertamina itu. Ia berharap keterangannya bisa menjadi pemahaman masyarakat. Galih mengatakan uji coba ini akan diperluas di kabupaten lain.
 
Menurut dia, tujuan pemakaian MyPertamina untuk memastikan BBM bersubsidi bisa tepat sasaran pengguna. Ia mengatakan masih ada masyarakat berkategori mampu masih membeli BBM bersubsidi, pertalite dan solar.
 
Baca: Aturan Beli BBM Pakai Aplikasi MyPertamina Bikin Sopir Angkot Khawatir
 
"Kami berharap pemilik mobil yang mampu beralih membeli BBM nonsubsidi. Kami akan monitor dan evaluasi dari hasil implementasi pendaftaran ini," ujarnya.
 
Ia mengatakan pemilik kendaraan yang akan belanda harus mengunduh QR Code di aplikasi MyPertamina sebelum membeli. QR Code itu bisa diperoleh setelah data kendaraan yang didaftarkan telah terkonfirmasi dan cocok.
 
Selain itu, pendaftaran di aplikasi MyPertamina perlu menggunaan identitas diri, seperti KTP, foto diri, STNK, foto nomot polisi kendaraan dan foto kendaraan. QR Code bisa dicetak setelah pendaftaran terverifikasi.
 
"Mobil atau roda empat bisa menempelkan QR Code di kendaraan mereka sehingga tak perlu menggunakan gadget. Pembayaran (pembelian BBM) bisa lewat aplikasi MyPertamina lalu secara tunai, kartu kredit atau debit dan mekanisme pembayaran non tunai," kata dia.
 
(NUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif