ilustrasi KTP. Medcom.id
ilustrasi KTP. Medcom.id

Percepat Vaksinasi, Pemkot Rekam KTP-el ODGJ di Bekasi

Antonio • 22 Agustus 2021 14:19
Bekasi: Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, memberikan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan melakukan perekaman KTP elektronik kepada sebanyak 68 orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di Yayasan Gerakan Asih Abadi Jalan Ac. Lengkeng l, Nomor 210 RT 01/RW 02, Kelurahan Bojong Menteng, Kecamatan Rawalumbu, Kota Bekasi, Jawa Barat.
 
Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Bekasi, Taufiq Rachmat Hidayat, mengatakan pihaknya melakukan layanan jemput bola administrasi kependudukan (adminduk) kepada penyandang disabilitas di wilayah setempat.
 
Menurutnya, hal itu dilakukan menindaklanjuti kesepakatan Kemendagri dan Kemenkes serta Kemensos dalam percepatan vaksinasi dan pemberian bansos yang tepat sasaran.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Wagub DKI: BOR RS Turun Menjadi 23%, ICU 44%
 
"Untuk memastikan warga ODGJ mendapatkan hak pelayanan dasar, seperti vaksinasi dan layanan kesehatan juga bansos," kata Taufiq dihubungi Medcom.id, Minggu 22 Agustus 2021.
 
Dia menerangkan, layanan jemput bola adminduk itu telah dilakukan di 3 yayasan ODGJ dan 2 yayasan panti asuhan. Disdukcapil Kota Bekasi, kata dia, berkoordinasi dengan Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bekasi untuk menentukan wilayah pelayanan jemput bola adminduk.
 
"Hasil evaluasi mereka jika ditemukan ada warga yg belum terdaftar kependudukan maka disampaikan kepada kami untuk dilakukan jemput bola pelayanan," ujarnya.


Vaksin untuk Indonesia

Dalam upaya mendukung vaksinasi di Tanah Air, Media Group bersama Slank menggelorakan kampanye sosial bertajuk "Vaksin untuk Indonesia". Kampanye ini adalah upaya untuk bersama-sama bangkit dari pandemi dan memupuk optimisme menuju normal baru dengan terus menjaga kesehatan fisik dan mental. Vaksin dalam tajuk ini bukan saja berarti "obat" atau "anti-virus", tetapi juga upaya untuk menguatkan kembali mental dan spirit kita di tengah kesulitan akibat pandemi.
 
"Slank dan Media Group bikin gerakan yang bertema 'Vaksin untuk Indonesia'. Berharap lewat musik dan dialog, acara ini bisa menyemangati dampak pandemi yang mengenai kehidupan kita, supaya tetap semangat. Kita hibur supaya senang, supaya imun kita naik juga. Mengajak masyarakat untuk jangan takut untuk divaksin. Ini salah satu solusi untuk lepas dari pandemi," terang drummer Slank, Bimo Setiawan Almachzumi alias Bimbim.
 
Program "Vaksin untuk Indonesia" tayang di Metro TV setiap hari Jumat, pukul 20:05 WIB. Dalam tayangan ini, Slank bukan saja menyuguhkan musik semata, tetapi juga menampilkan perjalanan ke sejumlah tempat dan berinteraksi dengan masyarakat dari berbagai latar belakang sosial.
 
 
 
(LDS)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif