Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.
Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.

Cadangan Pangan Pemkab Serang Mencapai 210 Ton

Nasional stok beras
Antara • 13 Februari 2020 20:53
Serang: Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Serang, Banten, saat ini memiliki cadangan pangan sebanyak 210 ton gabah kering giling (GKB) setara dengan 126 ton beras. Persediaan tersebut memenuhi standar pelayanan minimal bidang ketahanan pangan provinsi dan kabupaten/kota.
 
"Cadangan pangan tersebut sampai saat ini masih dikerjasamakan dengan Koperasi Usaha Tani Bungsu di Kecamatan Kramatwatu," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Serang, Suhardjo di Serang, Kamis, 13 Februari 2020.
 
Suhardjo menjelaskan cadangan pangan tersebut rencananya akan disimpan di gudang cadangan pangan kabupaten di Kecamatan Pontang dan dikelola oleh UPTD Cadangan Pangan. Untuk itu perbaikan gudang akan dilaksanakan pada tahun ini, sehingga pemindahan stok akan dilakukan bertahap, karena gabah memiliki waktu simpan terbatas.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Salah satu upaya pengelolaan cadangan pangan yang rutin dilakukan adalah refresh stok," jelas Suhardjo.
 
Sementara Kepala Bidang Ketersediaan dan Distribusi Pangan, Mumun Munawaroh, mengatakan refresh stock merupakan salah satu upaya pembaharuan stok cadangan pangan lama dengan yang baru.
 
Refresh stock ini dlaksanakan secara bertahap sebelum panen raya tiba, sehingga diharapkan restock bisa dilaksanakan saat produksi sedang berlimpah atau saat panen raya.
 
"Untuk tahun ini, refresh akan dilaksanakan mulai Februari hingga Maret, sehingga diharapkan pada April mendatang sudah mulai restock gabah baru," kata Mumun.
 
Cadangan pangan Pemerintah Daerah (CPPD) sendiri merupakan bagian dari cadangan pangan nasional yang bertujuan untuk mewujudkan Kedaulatan Pangan, Kemandirian Pangan, danKetahanan Pangan dalam negeri sesuai amanat UU Nomor 18 Tahun 2012 tentang pangan pasal 23.
 
"Mengikuti Permentan 65/2010 tentang standar pelayanan minimal bidang ketahanan pangan provinsi dan kabupaten/kota, dimana kabupaten kota memiliki cadangan pangan minimal 100 ton ekuivalen beras, dan Kabupaten Serang telah memenuhi standar tersebut," ungkap Mumun.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif