Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI dan Pengibaran Bendera Merah Putih di Halaman Depan Kantor Balai Kota Malang, Senin 17 Agustus 2020.
Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI dan Pengibaran Bendera Merah Putih di Halaman Depan Kantor Balai Kota Malang, Senin 17 Agustus 2020.

Rayakan HUT RI dengan Meriah Namun Senyap

Nasional hut ri hut kemerdekaan
Daviq Umar Al Faruq • 17 Agustus 2020 16:23
Malang: Wali Kota Malang, Sutiaji, meminta masyarakat untuk saling bersinergi demi menggapai Indonesia maju pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 RI. Hal itu ia sampaikan saat Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI dan Pengibaran Bendera Merah Putih di Halaman Depan Kantor Balai Kota Malang, Senin 17 Agustus 2020.
 
"Dengan semangat Indonesia maju, masyarakat bergerak untuk menjadi bangsa yang nomor satu dalam ketersediaan tata negara, bela negara, memajukan ekonomi bangsa, serta menjunjung nilai-nilai kemanusiaan," katanya.
 
Sutiaji pun meminta perjuangan para pahlawan Indonesia di masa lalu mampu menginspirasi masyarakat untuk terus berkarya tanpa batas serta terus berinovasi di dalam pandemi covid-19.
 
“Sesungguhnya, situasi covid-19 akan mempersatukan dan menyatukan nilai-nilai kemanusiaan, yang akan menghilangkan sekat batas kepercayaan, batas agama, batas suku dan ras, yang semuanya membawa kita menjadi anak bangsa tumpah darah kita adalah Indonesia," bebernya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Rayakan HUT RI dengan Meriah Namun Senyap
 
Sebelumnya, Sutiaji menginstruksikan kepada masyarakat untuk berdiri tegak dengan sikap sempurna saat pengumandangan lagu Indonesia Raya secara serentak pada tanggal 17 Agustus 2020 pukul 10.17 WIB di seluruh daerah. Hal tersebut sebagai tindak lanjut dari Surat Menteri Sekretaris Negara Nomor B-587/M.Sesneg/Set/TU.00.04/08/2020.
 
"Saya berharap warga Kota Malang juga bisa melakukan hal yang sama secara serentak, sebagai upaya kita untuk memeriahkan peringatan HUT RI," ujarnya.
 
Ia juga menambahkan bahwa peringatan HUT RI ini tetap harus berlangsung secara meriah meski di tengah-tengah situasi pandemi covid-19. 
 
"Kita rayakan secara meriah namun sederhana dengan perayaan yang berbasis virtual. Mari kita rayakan secara meriah namun senyap," tegasnya. 
 
"Larangan untuk melaksanakan kegiatan yang mengumpulkan massa dalam rangka peringatan HUT RI kali ini juga saya harap dapat dilaksanakan oleh seluruh warga Kota Malang sebagai upaya kita menekan penyebaran virus covid-19," imbuhnya.
 
Pembagian Masker 
 
Usai upcara, sebanyak 58 ribu masker dibagikan secara gratis oleh Tim Penggerak PKK Kota Malang. Kegiatan bagi-bagi masker ini dapat menjadi salah satu gerakan perempuan yang dapat dilaksanakan secara masif dan berkesinambungan. 
 
"Karena saya meyakini jika perempuan sudah bergerak maka  program tersebut akan berjalan dengan sukses," kata Sutiaji.
 
Sutiaji berharap 58 ribu masker yang dibagikan hari ini dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat di Kota Malang. Sebab, penanggulangan bencana non alam covid-19 ini merupakan tanggung jawab seluruh elemen yang ada di Kota Malang.
 
"Ini adalah ikhtiar kita bersama untuk menekan penyebaran virus covid-19 di Kota Malang, dan saya memberikan apresiasi yang tinggi pada TP PKK serta IKAPTK Kota Malang yang turut berkolaborasi menyukseskan kegiatan ini," bebernya.
 
Rayakan HUT RI dengan Meriah Namun Senyap
 
di tempat yang sama, Ketua TP PKK Kota Malang, Widayati Sutiaji mengatakan pembagian masker gratis tersebut merupakan kegiatan kedua di Kota Malang. Sebelumnya pihaknya telah membagikan 57 ribu masker untuk warga Kota Malang.
 
"Kali ini juga 58 ribu masker lagi yang kita bagikan secara serentak," katanya.
 
Widayari berharap masyarakat memiliki masker lebih dari satu. Sebab, penggunaan masker kain ini maksimal hanya 6 jam.
 
"Pada kegiatan ini tidak saja membagikan masker namun juga menempel stiker di rumah-rumah warga, hal itu menunjukkan bahwa keluarga tersebut telah menjadi keluarga tangguh yang selalu sadar dan menerapkan protokol covid-19 di kehidupannya sehari-hari. Semoga dengan gerakan ini Kota Malang dapat menjadi kota yang sukses mengendalikan penyebaran virus covid-19," jelasnya. 
 
Rayakan HUT RI dengan Meriah Namun Senyap
 
Kegiatan yang juga dilaunching oleh Ketua Umum TP PKK, Tri Tito Karnavian tersebut digelar atas kerjasama TP PKK dengan Ikatan Keluarga Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan (IKAPTK).
 
Dalam arahannya, Tri Tito Karnavian mengharap agar Tim Penggerak PKK bukan saja membagikan masker secara simbolis namun juga memberikan edukasi pada masyarakat tentang bagaimana penggunaan masker yang benar. 
 
"Hal ini penting agar masyarakat paham bagaimana dan mengapa menggunakan masker secara benar itu penting untuk menekan penularan virus covid-19," katanya.
 
(ALB)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif