ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

Pabrik Rokok di Sumenep Gelar Rapid Test Massal Karyawan

Nasional Virus Korona pemeriksaan rapid test pencegahan covid-19 di tempat kerja
Rahmatullah • 12 Oktober 2020 12:49
Sumenep: Salah satu pabrik produksi hasil tembakau PT Tanjung Odi menggelar rapid test massal bagi seluruh karyawan termasuk keluarga. Rapid test dilakukan karena sebelumnya Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, melakukan penutupan sementara semua aktivitas pabrik tersebut.
 
"Jadi PT Tanjung Odi ini kan mendapat arahan dari gugus tugas untuk menghentikan sementara aktivitas, jadi kami sebelumnya sudah memasang sekat antar pekerja dan penanganan karyawan terkonfirmasi. Sekarang kita lakukan rapid tes," kata Humas PT Tanjung Odi, Ricky Cahyo, Senin, 12 Oktober 2020.
 
Baca: Rapid Test Tak Seharusnya Dijual Bebas

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menjelaskan semua karyawan yang harus melakukan rapid test mencapai 1.700 orang. Angka itu belum termasuk keluarga masing-masing. Pihaknya menyatakan ketentuan ini harus dilakukan karena menjadi arahan dari Satgas Penanganan Covid-19 untuk deteksi dini mencegah penularan virus korona.
 
"Seluruh karyawan kita itu sekitar 1.700 orang kalau dikalikan keluarga anggap satu karyawan itu ada lima bersama keluarganya jadi 8.500 orang. Memang berat namun agar perusahaan dan pekerja dapat kembali beraktivitas jadi kami berusaha memenuhi," jelasnya.
 
Ricky mengatakan pelaksanaan rapid test massal dilakukan selama tiga hari mulai tanggal 11 Oktober 2020. Dalam ketentuannya, nanti yang diizinkan masuk kerja ialah karyawan dan keluarganya non reasktif.
 
"Bagi yang reaktif akan ditindaklanjuti dengan swab tes. Jadi sesuai ketentuan gugus tugas yang masuk itu yang nom reaktif baik karyawan maupun keluarganya," ungkap Ricky.
 
Pelaksanaan tapid test massal ini sempat mendapatkan penolakan khususnya dari kelurga karyawan. Sebagian keluarga karyawan menginginkan yang menjalani rapid test hanya yang bekerja.
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif