Telan Anggaran Rp32 Miliar, Ridwan Kamil Resmikan Revitalisasi Situ Ciburuy
Telan Anggaran Rp32 Miliar, Ridwan Kamil Resmikan Revitalisasi Situ Ciburuy

Situ Ciburuy Jabar Rampung Direvitalisasi

Roni Kurniawan • 13 Agustus 2022 14:27
Bandung: Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, meresmikan tempat wisata Situ Ciburuy di Kabupaten Bandung Barat, pada Sabtu, 13 Agustus 2022. Tempat wisata itu direvitalisasi sejak 2019 dan menelan anggaran sebesar Rp32 miliar.
 
Menurut gubernur yang akrab disapa Emil ini, proses revitalisasi Situ Ciburuy sempat terhenti karena pandemi covid-19. Namun proyek akhirnya rampung usai enggunakan dua tahun anggaran belanja dari APBD Provinsi Jabar.
 
"Anggaran Rp32 miliar dari APBD provinsi, kemudian dilakukan di dua tahun anggaran 2019 dan 2022. Memang agak tersendat karena covid-19, tapi alhamdulillah di 2022 ini bisa dimanfaatkan," kata Emil di Situ Ciburuy, KBB, Jabar, Sabtu, 13 Agustus 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Emil menuturkan, wajah baru Situ Ciburuy sebagai upaya untuk meningkatkan perekonomian di Kabupaten Bandung Barat. Pasalnya, situ kerap menjadi magnet bagi wisatawan yang melintas untuk berekreasi.
 
Baca juga:  Ridwan Kamil Minta Pusat Siapkan Data Perdagangan Dalam Negeri

"Sehingga tempat-tempat yang dulu tidak tertata, warung-warung yang kumuh, sekarang sudah bisa dilihat rapih bersih, warga bisa berinteraksi," sahutnya.
 
Situ Ciburuy bisa menampung hingga 1,2 juta kubuk air baku, bahkan menjadi sumber irigasi bagi pesawahan sekitar. Karena berdekatan dengan permukiman, situ harus bisa dimanfaatkan oleh warga karena memiliki nilai ekonomi.
 
"Ini hadiah buat warga KBB menambahi pusat-pusat pariwisata yang memang sudah luar biasa," tegas Emil.
 
Sementara itu Plt Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan mengatakan, wajah baru Situ Ciburuy tentunya akan mempercepat pemulihan ekonomi dimasa pandemi covid-19. Terlebih saat ini, wisata di KBB masih kerap tertuju ke wilayah Lembang, sehingga kehadiran wajah baru situ tersebut bisa menjadi daya tarik wisatatan.
 
"Situ ciburuy sudah berubah, lebih cantik dan lebih indah. Mudah-mudahan menjadi kebanggaan khususnya masyarakat Desa Ciburuy dan menambah pendapatan daerah," kata Hengky.

 
(MEL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif