Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda saat menebar ikan di sungai musi, Kamis, 12 Desember 2019. Foto: Istimewa
Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda saat menebar ikan di sungai musi, Kamis, 12 Desember 2019. Foto: Istimewa

Menjaga Kelestarian Ikan di Sungai Musi

Nasional pengolahan ikan
Gonti Hadi Wibowo • 12 Desember 2019 19:07
Palembang: Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang menebar sembilan ribu benih ikan di Sungai Musi, Kamis, 12 Desember 2019. Penebaran ini bertujuan menjaga kelestarian ikan yang semakin langka di sungai musi.
 
Wakil Wali Kota Palembang, Fitrianti Agustinda, mengatakan penebaran benih sembilan ribu ikan di sungai musi ini adalah yang keempat kalinya dilakukan sepanjang 2019.
 
"Saya prihatin mendengar nelayan dan komunitas ikan saja kesulitan untuk menangkap ikan gabus dan mirisnya mereka mendapatkan ikan itu dari kota lain," kata Fitri di Palembang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Fitri mengaku telah mendengar kabar bahwa pengusaha pempek di Palembang mencari bahan baku ikan dari provinsi Jambi. Menurutnya hal tersebut merupakan fakta yang miris.
 
"Saya sedih mendengar keluhan pengusaha pempek itu dan ini menjadi tugas kita bersama untuk melestarikan ekosistem di sungai musi," jelas Fitri.
 
Dalam waktu dekat, pihaknya telah berkoordinasi dengan Kementrian Kelautan dan Perikanan yang akan memberikan bantuan budidaya ikan gabus dan belido.
 
"Kita tidak ingin ikan gabus dan belido jadi ikan khas kota lain. Dengan budidaya ini juga bertujuan untuk memenuhi kebutuhan konsumsi masyarajat serta agar jenis ikan ini bisa dikenal oleh anak cucuk kita," ungkap Fitri.
 
Sementara Sekretaris Dinas Perikanan Kota Palembang Aris Munandar, menambahkan secara reguler melakukan penebaran benih ikan mulai dari ikan Patin, Gurame, ikan gabus yang dilakukan dengan memperbanyak frekuensi penebaran.
 
"Tahun depan kita tambahkan frekuensinya untuk menjaga kelestarian ikan di Sungai Musi. Karena tahun ini kolam kami masih dalam proses perbaikan dan mudah-mudahan tahun depan bisa digunakan," pungkas Aris.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif